Kontroversi Gol Manchester United di Laga Melawan Aston Villa
Laga Aston Villa vs Manchester United menuai kontroversi (Instagram/@manchesterunited).

Bagikan:

JAKARTA - Manchester United sukses membawa pulang tiga poin usai menekuk tuan rumah Aston Villa di Villa Park pada pekan ke-24 Liga Inggris 2023/2024, Minggu, 11 Februari 2024.

Persaingan panas peringkat kelima dan keenam klasemen itu berjalan penuh drama. Kontroversi terjadi saat Manchester United membuka keunggulan pada menit ke-17 melalui Rasmus Hojlund.

Gol tersebut dinilai penggemar Villa tidak sah. Soalnya, Casemiro sudah lebih dulu dalam posisi offside ketika menerima umpan dari tendangan bebas Luke Shaw.

Casemiro melompat dan bersaing memperebutkan bola, tapi tidak menyentuhnya. Bahkan, dia sama sekali tidak berada di dekat bola.

Seorang bek Villa menyundul bola ke belakang untuk menghasilkan tendangan sudut yang berakhir dengan tembakan Hojlund.

Karena gol tersebut berasal dari fase permainan baru, video assistant referee (VAR) tidak dapat melihat tendangan bebas tersebut, apakah Casemiro offside atau tidak. Hal itu tentu membuat marah pendukung Villa.

"Casemiro berada dalam posisi offside untuk permainan yang mengarah ke sepak pojok. United mencetak gol dari sepak pojok. Tidak ada pemeriksaan VAR. Apa gunanya?" ujar salah satu fans sebagaimana dihimpun The Sun.

"Yang lebih menarik lagi, Casemiro berada dalam posisi offside dari tendangan bebas yang mengarah ke sudut. Saya benci sepak bola di hari-hari seperti hari ini," tulis penggemar Villa lain.

casemiro
Situasi Casemiro yang menjadi kontroversi (dok. Sky Sports).

"Benar-benar tidak melakukan banyak kesalahan dan berakhir di pihak yang kalah. Selalu melawan mereka (Manchester United) juga. Menjengkelkan," tutur suporter.

"Casemiro yang offside dari tendangan bebas. Wasit gagal melakukannya dan memberikan tendangan sudut. Mereka mencetak gol dari tendangan bebas itu, tidak berguna," kata fans keempat.

"Gol United itu gila. Tendangan bebas yang kemudian menyebabkan Casemiro berada dalam posisi offside ketika mereka mendapat tendangan sudut dan mencetak gol. Wasit sangat takut untuk mengambil keputusan yang tepat, terlalu berpuas diri dengan VAR," tulis suporter terakhir.

Penggemar Villa hanya bisa mencaci maki di media sosial. Laga tetap berakhir dengan kemenangan Manchester United. Gol Hojlund tetap sah. Artinya, dia sudah mengemas lima gol beruntun.

Setelah gol pembuka Hojlund, Villa sempat menyamakan kedudukan 1-1 melalui gol Douglas Luiz. Namun, tuan rumah harus puas tanpa poin selepas Scott McTominay mencetak gol kemenangan pada menit ke-86.