Profil Akram Afif Pemain Qatar yang Bawa Timnya Juara Piala Asia 2023 dan Sabet 2 Gelar Individu
Pemain TImnas Qatar Akram Afif (@afcasiancup)

Bagikan:

JAKARTA - Akram Afif berhasil menghantarkan negaranya, Qatar mempertahankan gelar juara bertahan di Piala Asia 2023. Selain menjadi suksesor tim, Akram Afif juga sukses menunjukan kemampuan diri dengan menyabet dua gelar individu.

Akram Afif menutup penampilannya di Piala Asia dengan manis, ia mampu mengantar Qatar juara Piala Asia untuk kedua kalinya dan mempertahankan status juara yang direbut di edisi 2019.

Selain itu, Akram juga meraih dua gelar individu. Ia jadi pencetak gol terbanyak Piala Asia 2023 dan meraih gelar pemain terbaik.

Sebagai pencetak gol terbanyak, Akram Afif menorehkan total delapan gol, dimana jumlah itu unggul dua gol atas bomber Irak, Aymen Hussein yang ada di posisi kedua.

Sebelum melaju hingga ke laga final, Akram Afif masih tertinggal satu gol dari Aymen Hussein. Namun catatan hattrick Akram Afif di laga final membuatnya merebut status pencetak gol terbanyak di Piala Asia dan menyalip catatan Aymen.

Dengan statusnya sebagai pencetak gol terbanyak, performa Akram Afif di lapangan memang tak perlu diragukan. Ia bahkan mampu membuktikan diri dengan statusnya sebagai pemain terbaik di Piala Asia 2023.

Akram Afif benar-benar menonjol sejak awal hingga akhir turnamen karena pada laga perdana ia sukses membuka persaingan dengan catatan dua gol ke gawang Lebanon. Sedangkan di akhir turnamen, torehan hattrick ke gawang Yordania jadi penutup manis Akram di Piala Asia.

Akram Afif saat ini berusia 27 tahun dan salah satu pemain dengan caps terbanyak untuk timnas Qatar. Ia sudah menjalani debut bersama timnas Qatar sejak berusia 19 tahun dan termasuk tulang punggung Qatar membangun tim nasional yang akhirnya disegani di dunia sepak bola.

Pada Piala Asia 2019, Akram Afif dan kawan-kawan berhasil mengantar Qatar juara. Akram Afif saat itu dikenal sebagai mesin assist karena mampu menggelontorkan 10 assist di Piala Asia 2019 yang jadi rekor assist terbanyak dalam sebuah turnamen.

Performa impresif itu yang kemudian mengantar Akram Afif terpilih sebagai Pesepakbola Terbaik Asia 2019. Lima tahun kemudian, Akram Afif kembali tampil spektakuler bersama timnas Qatar di ajang Piala Asia.

Kali ini Akram Afif bahkan mampu menjelma jadi mesin gol. Akram Afif mencetak delapan gol dan tiga assist untuk membawa Qatar juara. Performa Akram yang mencolok itu jelas jadi hal yang bakal menggoda klub-klub besar untuk menggunakan jasa Akram Afif.

Dalam perjalanan karier di klub, Akram Afif sempat menimba ilmu di Sevilla dan bergabung dengan Villarreal. Namun ia lebih banyak dipinjamkan ke klub lain. Saat ini Akram Afif bermain di Al Sadd yang bermain di Liga Qatar dan terikat kontrak hingga 2025 mendatang.