Kalahkan Tim Championship Lewat Adu Penalti, Nottingham Forest Ditunggu MU
Pemain Nottingham Forest Taiwo Awoniyi merayakan kemenangan dengan kiper Matt Turner di Piala FA. (X/@NFFC)

Bagikan:

JAKARTA - Nottingham Forest menjadi tim terakhir yang lolos dari babak keempat Piala FA setelah bekerja keras menaklukkan tim Championship Bristol City 5-3 (1-1) lewat adu penalti di Stadion City Ground, Nottingham, Kamis, 8 Februari 2024 dini hari WIB. Di babak kelima, Forest sudah ditunggu Manchester United.

Bristol yang sesungguhnya dari divisi bawah menjadi lawan yang berat bagi Forest. Tak hanya bermain di Championship, Bristol pun berada di papan bawah klasemen sementara.

Namun mereka mampu memberi perlawanan ketat terhadap Forest yang saat ini menduduki posisi 16 di klasemen Premier League Inggris. Pada duel sebelumnya, mereka bermain imbang 0-0 sehingga harus dilakukan replay.

Saat laga ulang, Forest yang bertindak sebagai tuan rumah. Hanya tuan rumah harus kembali bekerja keras meladeni Bristol.

Forest unggul lebih dulu melalui Divock Origi saat laga baru berjalan delapan menit. Namun keunggulan tuan rumah tak bertahan lama. Di menit 14, gelandang Bristol Jason Knight menyamakan skor menjadi 1-1.

Skor itu bertahan sampai akhir pertandingan sehingga dilanjutkan extra time. Kedudukan masih sama karena tidak ada gol dan Bristol memaksa Forest adu penalti.

Kali ini, The Robins menyerah. Eksekusi Samuel Bell yang menjadi penendang kedua gagal. Tendangannya bisa diselamatkan kiper Matt Turner. Sedangkan tiga rekannya berhasil menuntaskan penalti.

Sebaliknya, lima eksekutor Forest berhasil menyelesaikan tugas. Pemain pengganti Taiwo Awoniyi menjadi penentu dan mengubah skor menjadi 5-3.

Manajer Forest Nuno Espirito Santo mengaku puas dengan kemenangan yang tidak mudah itu. Menurut dia pemain menunjukkan karakter dan sikap pantang menyerah saat menghadapi pertandingan yang berat.

"Kami senang karena bisa melewati pertandingan yang berat. Kami mengalami kesulitan dan harus menyelesaikan extra time," kata Santo.

"Respons pemain pun sangat bagus. Sikap dan karakter pantang menyerah membuat saya senang," ucapnya.

Dilanjutkan oleh eks manajer Totenham Hotspur, "Ini adalah Piala FA, turnamen yang istimewa. Ini yang membuat kami senang karena kami bisa bertahan dan bertarung meraih trofi yang sangat berart bagi kami."

"Kami akan fight demi trofi. Bila melihat sejarah klub, kami bakal fight dan berusaha memenangkannya," ujar manajer asal Portugal ini.

Di babak kelima, Forest sudah ditunggu MU yang sedang on fire. Laga digelar pada 26 Februari 2024. Forest kembali bertindak sebagai tuan rumah di laga ini.