Stadion Ikonis Piala Dunia di Amerika Serikat Akan Dibongkar Seluruhnya
Stadion Memorial Robert F. Kennedy (dok. Creatvie Commons).

Bagikan:

JAKARTA - Stadion Memorial Robert F. Kennedy di Washington DC, Amerika Serikat, akan dibongkar karena terbengkalai cukup lama.

Stadion ini punya sejarah panjang, salah satunya venue Piala Dunia 1994. Padahal, secara kapasitas, stadion ini lebih besar dari Stamford Bridge di Inggris.

Menurut laporan The Sun, aktivitas olahraga di Stadion ikonis Piala Dunia 1994 ini sudah ditutup tujuh tahun lalu. Perawatan pun tidak ada.

Alhasil, stadion ini terbengkalai. Rumput liar yang sudah tinggi menghiasi bagian lapangan. Beberapa fasilitas dibiarkan membusuk dan rusak. Padahal, stadion ini terletak di Ibu Kota Amerika Serikat.

Terbengkalainya Stadion RFK ini tak lepas dari hitung-hitungan soal biaya pemeliharaan yang berujung kepada keputusan merobohkan stadion pada 2019.

Kepala Kota Washington DC mengatakan biaya pemeliharaan stadion tersebut untuk tetap sesuai standar modern menghabiskan 2,7 juta pound per tahun. Sementara biaya pembongkaran cuma menelan 15,8 juta pound dalam sekali eksekusi.

Tak heran, pemerintah setempat akhirnya mengambil langkah pembongkaran. Awalnya, beberapa kali sempat mundur dalam pemindahan alat berat. Buldoser kemudian bisa masuk pada Oktober 2023.

Pekerjaan dimulai dari dalam untuk merobohkan stadion sejak saat itu. Kini, hampir semua bangunan Stadion RFK nyaris rata dengan tanah.

Pembongkaran Stadion RFK masih berjalan hingga saat ini. Selain itu, belum jelas langkah berikut setelah stadion bersejarah itu selesai dirobohkan.

Sudah tak terhitung kenangan Stadion RFK dalam dunia olahraga. Selain Piala Dunia 1994, stadion ini juga merupakan venue cabang olahraga sepak bola pada Olimpiade 1996.

Perinciannya, Stadion RFK menggelar sembilan pertandingan sepak bola Olimpiade 1996 dan lima pertandingan Piala Dunia 1994, termasuk laga babak 16 besar.

Pada masa kejayaannya, stadion ini memiliki kapasitas antara 45.596 dan 56.692 penonton tergantung olahraga apa yang sedang berlangsung.

Selain perhelatan olahraga internasional, Stadion RFK pernah menjadi markas tim MLS, DC United, dan tempat Timnas Amerika Serikat bermain secara reguler.

Tidak hanya sepak bola, Stadion RFK juga pernah digunakan untuk pertandingan bisbol, kompetisi american footbal, National Football League (NFL).

Menariknya, Stadion RFK tidak hanya mendapat tempat dalam sejarah olahraga. Kenangan tentang musik juga membekas.

Sebut saja konser The Rolling Stones, Michael Jackson, Pink Floyd, dan Foo Fighters yang semuanya menampilkan pertunjukan ikonik di Stadion RFK.

Stadion Memorial Robert F. Kennedy akan menjadi kenangan. Pusat olahraga di Washington sejak tahun 1961 ini sebentara lagi rata dengan tanah.