Bagikan:

YOGYAKARTA – Keberadaan stadion jadi hal yang penting di sebuah negara. Tidak hanya digunakan untuk menggelar pertandingan atau kompetisi olahraga, stadion juga digunakan untuk berbagai keperluan lain. Beberapa negara berlomba-lomba membangun stadion besar lengkap dengan fasilitasnya. Lalu di mana stadion terbesar di dunia?

Stadion Terbesar di Dunia

Patut diketahui bahwa stadion tak hanya terdiri dari lapangan saja namun dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti tribun tempat duduk penonton, ruang ganti, hingga memiliki sejumlah peralatan canggih. Berikut daftar stadion besar yang ada di dunia.

  1. Stadion Rungrado May Day

Stadion terbesar di dunia dengan kapasitas terbanyak justru ditempati oleh Rungrado May Day. Stadion sepak bola ini berada di Pyongyang, Korea Utara yang mampu menampung 150.000 orang penonton.

Stadion Rungrado May Day diresmikan pada 1989. Namun pada tahun 201 stadion ini ditutup untuk direnovasi dan dibuka lagi pada tahun 2015.

  1. Narendra Modi Stadium

Stadion dengan kapasitas penonton terbanyak selanjutnya adalah Narendra Modi Stadium yang dibangun di Ahmedabad, India. Stadion ini berkapasitas 132.000 penonton. Stadion ini dimiliki oleh Asosiasi Kriket Gujarat. Dibangun pada 1983, Narendra Stadium sempat dibongkar pada tahun 2015 dan dibangun lagi pada Februari 2020.

Narendra Modi Stadium jadi stadion kriket terbesar di dunia yang dibangun di lahan seluas 63 hektar. Stadion ini dilengkapi dengan 55 kamar clubhouse, kolam renang standar olimpiade, dengan empat ruang ganti atlet.

  1. Stadion Michigan

Stadion dengan kapasitas penonton banyak selanjutnya adalah Michigan Stadium. Stadion ini dimiliki oleh Universitas Michigan di Ann Arbor, Michigan, Amerika Serikat. Karena kapasitasnya yang banyak, stadion ini dijuluki dengan “The Big House” karena berkapasitas 115.000 orang lebih dengan 107.601 tempat duduk.

Stadion ini digunakan untuk pertandingan sepak bola dan untuk kepentingan acara Universitas Michigan.

  1. Stadion AT&T

Tim sepak bola Amerika, Dallas Cowboys memiliki stadion yang mampu menampung penonton sebanyak 105.000 orang. Stadion ono sering digunakan untuk berbagai pertandingan olahraga. AT&T berada di Arlington Texas, dilengkapi dengan atap yang bisa dibuka secara otomatis dengan teknologi canggih. Selain itu dilengkapi dengan layar televisi berdefinisi tinggi yang sangat besar sehingga membantu penonton menonton pertandingan.

  1. Stadion Ohio

Amerika ternyata memiliki beberapa stadion dengan kapasitas penonton yang cukup besar. Selain Stadion Michigan dan AT&T, Stadion Ohio juga jadi menjadi stadion dengan kapasitas yang besar karena punya kapasitas kursi mencapai 102.780.

Stadion ini dimiliki oleh kampus Ohio State University di Kota Columbus, Ohio.  Tidak hanya digunakan sebagai sarana olahraga, Stadion Ohio digunakan untuk acara kampus hingga konser beberapa band legendaris.

  1. Camp Nou

Saat membicarakan stadion nampaknya Camp Nou tak bisa dilupakan. Pasalnya stadion sepak bola yang ada di Barcelona ini tak hanya sangat populer di kalangan pecinta sepak bola karena dimiliki tim Barcelona FC, namun juga karena kapasitas penonton yang bisa ditampung yakni mencapai 99.786 orang.

Camp Nou dibangun pada tahun 1957 dan sempat menjadi stadion terbesar di Eropa pada masanya. Stadion ini pernah menjadi tempat digelarnya pertandingan bergengsi seperti Piala Eropa di tahun 1989 dan tahun 1999, lalu laga Copa del Rey, dan Piala Super UFFA.

Itulah informasi terkait stadion terbesar di dunia. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.