Daftar Stadion Termegah di Dunia, Ratusan Ribu Penonton Masuk di Sini
Daftar Stadiun Terbesar di dunia (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Final Piala FA 1923 HE masih memegang rekor kehadiran tertinggi di acara olahraga di Inggris, dengan 126.047 penonton resmi menyaksikan Bolton mengalahkan West Ham 2-0. (Beberapa memperkirakan kerumunan itu jauh lebih besar di salah satu stadion termegah di dunia itu.)

Tentu saja, pertandingan ini mendahului era stadion duduk ketika penonton berdiri – dan berdesakan seperti ikan sarden. Hampir 200.000 orang menyaksikan Final Piala Dunia 1950 yang terkenal di Stadion Maracana, Uruguay mengejutkan Brasil dengan kemenangan 2-1.

Keamanan menentukan bahwa semua stadion modern memiliki tempat duduk – tetapi ini tidak menghentikan beberapa stadion yang memiliki kapasitas besar.

Kami telah mengumpulkan stadion - stadion terbesar di dunia. Berikut daftarnya;

Daftar Stadion Termegah di Dunia

Rungrado May Day Stadium

Stadion Rungrado May Day adalah stadion terbesar di dunia. Kapasitas penonton resminya adalah 150.000, meskipun diperkirakan kapasitas sebenarnya dari tempat tersebut mendekati 114.000, yang masih menjadikannya stadion terbesar di dunia berdasarkan kapasitas. 

Stadion ini berbentuk seperti parasut, meskipun dimaksudkan untuk menyerupai bunga magnolia. Ini dirancang untuk menjadi tuan rumah berbagai jenis acara olahraga, termasuk pertandingan sepak bola (sepak bola) yang melibatkan tim nasional Korea Utara. 

Namun, lebih sering daripada tidak, stadion ini digunakan untuk menjadi tuan rumah parade militer. Pada tahun 1995, stadion mencatat rekor kehadiran dunia 190.000 selama acara gulat di fasilitas tersebut.

Sardar Patel Stadium

Stadion terbesar selanjutnya di dunia terletak di Ahmedabad, masih di kota di India. Ini memiliki kapasitas 110.000. Stadion Sardar Patel, juga disebut Stadion Motera, dibangun di ruang yang sama yang pernah ditempati oleh bekas stadion dengan nama yang sama, yang memiliki kapasitas jauh lebih kecil yaitu 49.000. 

Tempat saat ini adalah stadion terbaru dalam daftar kami, yang telah diresmikan pada tahun 2020 oleh Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden AS saat itu Donald Trump. Stadion Sardar Patel sekarang menjadi stadion kriket terbesar di dunia. Kriket memiliki penggemar di seluruh dunia, tetapi India adalah salah satu negara di mana olahraga ini sangat populer.

Michigan Stadium

Michigan Stadium (Wikipedia)

Sesuai namanya, Michigan Stadium terletak di negara bagian Michigan AS, atau lebih tepatnya University of Michigan, di kota Ann Arbor. Ini adalah stadion terbesar di AS dan terbesar ketiga di dunia. Stadion yang dijuluki “The Big House” oleh mahasiswa Universitas Michigan ini memiliki kapasitas 107.601 orang. 

Olahraga yang paling sering dimainkan di tempat tersebut adalah sepak bola perguruan tinggi AS. Namun, itu menjadi tuan rumah acara olahraga lainnya, termasuk turnamen sepak bola Piala Champions Internasional. Pada tahun 2014, ia menetapkan rekor kehadiran 105.491 untuk hoki NHL ketika menjadi tuan rumah pertandingan antara Detroit Red Wings dan Toronto Maple Leafs.

Beaver Stadium

Stadion terbesar keempat di dunia dan terbesar kedua di AS terletak di University Park, Pennsylvania. Dibuka pada tahun 1960, tempat ini memiliki kapasitas 106.572. Sekarang berfungsi sebagai lapangan kandang tim sepak bola Negara Bagian Pennsylvania, Nittany Lions. Stadion Beaver pertama dan terutama tempat untuk sepak bola perguruan tinggi. Faktanya, pada tahun 2016, stadion ini terpilih sebagai tempat sepak bola perguruan tinggi terbaik dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh USA Today.

Ohio Stadium

Stadion Ohio, dijuluki "The Horsehoe", atau hanya "The Shoe" karena bentuknya, terletak di Columbus, di negara bagian Ohio, AS. Ini pertama kali dibuka pada tahun 1922, dan diperbaharui pada tahun 2001. Tempat ini sekarang memiliki kapasitas 102.780, menjadikannya stadion terbesar kelima di dunia. 

Stadion ini digunakan terutama untuk olahraga perguruan tinggi AS, terutama sepak bola perguruan tinggi. Pada tahun 2016, stadion menjadi tuan rumah rekor kerumunan 110.045 orang, yang datang untuk melihat tim tuan rumah, Ohio State Buckeyes, memainkan pertandingan melawan Michigan. Stadion Ohio juga menyelenggarakan acara non-olahraga, termasuk konser yang dimainkan oleh orang-orang seperti Pink Floyd dan Rolling Stones.

Kyle Field

Dikendalikan oleh Texas A&M, dan terletak di College Station, Texas, Kyle Field adalah stadion terbesar keenam di dunia, dengan kapasitas 102.733. Seperti banyak stadion lain dalam daftar kami, Kyle Field terutama merupakan tempat untuk sepak bola perguruan tinggi AS. Stadion ini pertama kali dibuka pada tahun 1905. 

Pada tahun 2014, stadion ini memulai fase pembangunan kembali besar-besaran, salah satu yang terbesar dalam sejarah olahraga perguruan tinggi AS, yang selesai pada tahun berikutnya. Sejak itu, tim sepak bola tuan rumah, Aggies, telah menyambut 100.000 penonton atau lebih untuk setiap pertandingan.

Neyland Stadium

Terletak di Knoxville, Tennessee, Stadion Neyland adalah stadion terbesar ketujuh di dunia. Tempat tersebut adalah monumen lain untuk, Anda dapat menebaknya, sepak bola perguruan tinggi AS. Stadion Neyland pertama kali dibuka pada tahun 1921, kemudian dengan nama Shields-Watkins Field. Namanya diubah menjadi Stadion Neyland pada tahun 1962 untuk menghormati pria yang dianggap sebagai bapak program sepak bola Universitas Tennessee, Robert Neyland. 

Antara 2004 dan 2019, tempat tersebut mengalami renovasi besar-besaran sebagai bagian dari rencana lima fase yang ekstensif untuk memperbaruinya. Saat ini, Stadion Neyland memiliki kapasitas 102.455 orang.

Setelah mengetahui daftar stadion termegah di dunia, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!