Gampang Kebobolan, Xavi Hernandez Soroti Pertahanan Barcelona
Barcelona saat mengalahkan Alaves 3-1 di pertandingan La Liga Spanyol. (X/@FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Barcelona tak kesulitan mengatasi Alaves dan menang mudah 3-1 di pertandingan La Liga Spanyol. Namun pelatih Xavi Hernandez menyoroti satu-satunya gol Alaves yang bisa tercipta dengan gampang dalam duel di Stadion Mendizorroza, 4 Februari 2024 dini hari WIB.

Pertahanan Barca sesungguhnya sangat solid yang menyulitkan Alaves membobol gawang Inaki Pena. Namun mereka sempat lengah sehingga setelah Barca unggul 2-0, Alaves hanya butuh dua menit untuk memperkecil ketinggalan melalui Samu Omorodion.

Meski akhirnya Alaves tak bisa menambah gol, namun Xavi tetap menyoroti sektor pertahanan. Mereka lengah sehingga lawan berhasil mencetak gol tak lama setelah Barca leading 2-0.

"Kami tahu bagaimana menghadapi berkompetisi. Kami bermain solid di belakang. Tetapi disayangkan saat kami kebobolan. Pasalnya kami menguasai permainan dan unggul 2-0. Tetapi hanya dalam satu menit, mereka bisa mencetak gol," ucap Xavi.

"Kami bertahan dengan sangat buruk di area penalti. Ini yang membuat saya marah karena kami sudah bekerja keras," ujarnya.

Di laga itu, tiga gol Barca dicetak striker Robert Lewandowski dan kemudian Ilkay Gundogan. Bintang muda Vitor Roque kembali menunjukkan ketajamannya dengan melengkapi kemenangan Blaugrana menjadi 3-1.

Hanya, dia kemudian diusir karena mendapat kartu kuning kedua yang disusul dengan kartu merah. Meski bermain dengan 10 orang selama 15 menit terakhir, namun Barca bisa mempertahankan keunggulan.

"Secara keseluruhan kami bermain bagus dan menunjukkan kematangan dalam bermain," kata Xavi yang baru saja mengumumkan pengunduran dirinya usai kompetisi. Ini menjadi kemenangan kedua sejak Xavi menyatakan mundur.

"Kami meraih dua kemenangan setelah keputusan [mundur]. Saya katakan kepada pemain bila saya perlu menyampaikan hal itu. Dan begitulah reaksi pemain. Kami bermain efektif. Hal yang kurang di musim ini. Lebih dari itu, kami meraih kemenangan penting," ucapnya.

Kemenangan atas Alaves menjadikan Barca yang mendapatkan poin 50 dan naik peringkat. Mereka merebut posisi tiga yang sebelumnya dikuasai Atletico Madrid.

Terkait