Hasil Uji Coba Timnas Indonesia U-20 vs Thailand U-20: Garuda Muda Kalah 1-2
Timnas Indonesia U-20 beruji coba melawan Thailand U-20 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-20 menuai hasil kurang memuaskan di laga uji coba perdana kontra Thailand U-20. Pada laga yang digelar Jumat, 26 Januari 2024, pukul 19.30 WIB, Garuda Muda malah kebobolan pada menit akhir meski sempat unggul lebih dulu.

Tampil di hadapan 5.546 pendukung sendiri di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Indonesia U-20 berupaya mendominasi permainan sejak awal laga. Namun, tekanan justru berhasil lebih dulu dibuat pasukan Thailand.

Pada menit-menit awal, skuat berjuluk Gajah Perang langsung menekan dengan tendangan ke arah gawang. Beruntung, kejutan di awal itu masih bisa diantisipasi kiper Ikram Al Giffari.

Setelah cukup membaca pergerakan lawan, Timnas Indonesia U-20 mulai tampil lebih terarah. Langkah ini berbuah manis karena Skuad Garuda mampu mencetak gol lebih dulu lewat eksekusi Toni Firmansyah.

Tendangan kerasnya dari sisi kiri pertahanan Thailand gagal dihalau Kittipong Bunmak. Skor kemudian berubah jadi 1-0 dan bertahan hingga turun minum.

Pada awal babak kedua, Indra Sjafri langsung melakukan perombakan skuad demi rotasi para penggawanya. Kali ini ia langsung melakukan tiga pergantian pemain sekaligus.

Muhammad Kafiatur Rizky, Arlansyah Abdulmanan, dan Rizdjar Nurviat keluar dan digantikan Muflih Hidayat, Figo Denis, dan Muhammad Iqbal Gwijangge. Setelah skema pergantian pemain, pergerakan di lapangan kembali segar dan bisa merepotkan pergerakan Thailand.

Ketika tengah berusaha menggandakan gol, skuad asuhan Indra Sjafri justru dikejutkan gol balasan Thailand. Paripan Wongsa masuk papan skor pada menit ke-63.

Selepas tim asuhan Yuki Richard membuat kedudukan menjadi 1-1, mereka kembali mendapat tekanan dari Indonesia U-20.

Salah peluang apik lahir pada menit ke-70. Sayangnya upaya itu tak berbuah manis karena masih melambung.

Jual-beli serangan kian intens antara Indonesia U-20 dan Thailand U-20 di sisa waktu. Beberapa kali kesempatan emas Gajah Perang tercipta, tapi berhasil dihalau.

Memanfaatkan lima menit perpanjangan waktu, Thailand malah bisa membalikkan keadaan.

Tendangan sudut Pikanet Laohawiwat gagal dihalau kiper sehingga membuat skor berubah jadi 2-1 untuk kubu tim tamu hingga laga usai.