Bagikan:

JAKARTA - Posisi Timnas Indonesia di jajaran klasemen peringkat ketiga terbaik Piala Asia 2023 mengalami penurunan. Situasi berubah seiring dengan kemenangan yang Palestina dan Suriah.

Pertandingan Palestina vs Hong Kong digelar pada Selasa, 23 Januari 2024, pukul 22.00 WIB di Stadion Abdullah bin Nasser. Pada laga itu, Palestina berhasil menang 2-1 atas Hong Kong.

Kemenangan Palestina membuat mereka kini mengantongi empat poin di Grup C. Tim asuhan Makram Daboub juga otomatis menempati posisi puncak di klasemen sementara peringkat ketiga terbaik.

Selain Palestina, Suriah juga meraup tiga poin di laga terakhir Grup B. Kemenangan tipis atas India 1-0 membawa mereka ada di runner-up jalu peringkat ketiga terbaik.

Kemenangan Palestina dan Suriah pada parta terakhir grup, justru menjadi ancaman buat Timnas Indonesia. Saat ini Skuad Garuda terlempar ke tangga keempat atau jatah tiket terakhir di bawah Bahrain.

Tim asuhan Shin Tae-yong memang masih punya satu laga sisa melawan Jepang. Namun, posisi mereka belum sepenuhnya aman.

Soalnya, mereka terancam oleh keberadaan Oman dan Bahrain yang sama-sama masih punya satu pertandingan sisa.

Skuad Garuda akan menjalani laga pemungkas Grup D di Stadion Al Thumama, Doha, pada Rabu 24 Januari 2024, pukul 18.30 WIB. Sementara Oman dan Bahrain akan melakoni laga terakhir Grup E dan F pada 25 Januari 2024.

Intinya, Timnas Indonesia harus meraih tripoin jika ingin kelolosan langsung ke babak gugur. Andai minimal mencuri satu poin dari Jepang, mereka juga mesti berharap hasil minor dari laga Bahrain dan Oman.

Oman memang berada di urutan terakhir jalur peringkat ketiga terbaik dengan koleksi satu poin. Mereka akan melawan Kirgistan di laga pemungkas grup.

Kans Oman menang di atas kertas cukup besar mengingat sang lawan menjadi tim juru kunci. Jika mereka berhasil menang tipis saja 1-0, Timnas Indonesia akan tergusur lantaran kalah dalam skema head-to-head.

Hanya, skenario itu terjadi jika Bahrain menang atau seri. Namun, peluang Bahrain untuk menang atau seri kecil mengingat lawan mereka adalah Yordania.

Yordania saat ini menjadi pemuncak Grup E dengan koleksi empat poin. Tentunya, mereka juga ingin meraih poin sempurna untuk memastikan puncak klasemen aman dari ancaman Korea Selatan yang menghadapi Malaysia di laga terakhir.

Artinya, Timnas Indonesia harus tetap menaruh motivasi mengemas poin maksimal kontra Jepang.

Kalaupun minimal meraih satu poin, Skuad Garuda berharap Bahrain kalah. Andai demikian, kemenangan Oman tetap membuat anak asuh Shin Tae-yong berada di empat besar peringkat ketiga terbaik.

Skenario kelolosan Timnas Indonesia akan hancur jika Bahrain seri dan Oman menang dengan selisih minimal satu gol. Sekalipun Skuad Garuda meraup satu poin, mereka akan tetap tergusur oleh Oman karena kalah head-to-head.

Skema lain yang membuat Tim Merah-Putih lolos ialah Bahrain seri dan Oman kalah. Jika demikian, Timnas Indonesia kalah pun tetap masih bertengger di empat besar peringkat ketiga terbaik.

Masalah akan muncul saat Bahrain menang melawan Yordania. Yordania otomatis tergusur ke jalur peringkat ketiga terbaik.

Jika situasi itu terjadi, satu-satunya langkah Timnas Indonesia untuk lolos ialah berharap Oman wajib kalah atau maksimal seri.

Klasemen Sementara Peringkat Ketiga Terbaik Piala Asia 2023

Palestina: Main 3, Menang 1, Imbang 1, Kalah 1, Selisih Gol 0, Poin 4

Suriah: Main 3, Menang 1, Imbang 1, Kalah 1, Selisih Gol 0, Poin 4

Bahrain: Main 2, Menang 1, Imbang 0, Kalah 1, Selisih Gol -1, Poin 3

Indonesia: Main 2, Menang 1, Imbang 0, Kalah 1, Selisih Gol -1, Poin 3

China: Main 3, Menang 0, Imbang 2, Kalah 1, Selisih Gol -1, Poin 2

Oman: Main 2, Menang 0, Imbang 1, Kalah 1, Selisih Gol -1, Poin 1