Bagikan:

JAKARTA - PSSI melalui Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, akhirnya memberikan penjelasan ihwal pencoretan Saddil Ramdani dari daftar pemain Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023.

Pencoretan nama Saddil Ramdani diketahui dari informasi skuad terbaru yang dibagikan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di laman resminya pada Kamis, 11 Januari 2024.

Setelah laga uji coba terakhir kontra Iran pada Selasa, 9 Januari 2024, Shin Tae-yong selaku pelatih kepala Skuad Garuda tampaknya mulai menemukan komposisi untuk tim. Maka dari itu, perubahan di skuad masih terjadi.

Sebagai ganti Saddil Ramdani yang dicoret, nama Adam Alis masuk dalam daftar. Padahal, sebelumnya Adam Alis bersama Arkhan Fikri tidak masuk daftar 26 pemain awal yang diserahkan secara resmi ke AFC pada 1 Januari 2024.

Terkait situasi ini, Sumardji mengatakan bahwa pergantian Saddil dengan Adam Alis merupakan keputusan yang diambil sesuai pertimbangan pelatih kepala Shin Tae-yong.

“Saddil Ramdani digantikan Adam Alis. Jadinya, Saddil dan Arkhan tidak masuk skuad yang akan tampil di Piala Asia 2023. Ini atas pertimbangan coach Shin Tae-yong,” kata Sumardji dalam keterangan yang diterima Kamis, 11 Januari 2024.

Lebih lanjut, Sumardji juga membeberkan bahwa keputusan pelatih kepala soal daftar pemain berdasarkan beberapa pertimbangan matang.

“Penetapan skuad ini 'kan ada tiga yang jadi pertimbangan. Pertama, performa, lalu disiplin, dan terakhir attitude. Jadi, tiga itu yang menjadi acuan,” ucap Sumardji.

Melihat pertimbangan yang dibeberkan Sumardji, muncul spekulasi bahwa poin disiplin menjadi penyebab dicoretnya Saddil. Namun, Sumardji tak berkomentar dan menegaskan bahwa semua adalah murni keputusan Shin Tae-yong.

“Itu (soal aspek disiplin) saya tidak perlu jelaskan. Acuannya 'kan sudah jelas tiga itu tadi, performa, disiplin, dan attitude,” tuturnya.

Sumardi kemudian menginformasikan bahwa setelah pencoretan ini, pemain yang tak masuk daftar akan langsung pulang ke Tanah Air. 

“Kedua pemain (Saddil dan Arkhan) akan pulang ke Indonesia,” kata Sumardji lagi.

Piala Asia 2023 akan bergulir pada 12 Januari-10 Februari 2024 di Qatar. Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang.

Laga perdana Timnas Indonesia akan digelar pada 15 Januari 2024 melawan Irak. Tim Singa Mesopotamia jelas jadi ujian berat karena jadi salah satu tim jagoan di Grup D.