Salernitana vs Juventus: Waspada Misi Balas Dendam Tuan Rumah
Juventus mewaspadai kebangkitan Salernitana di kompetisi Serie A 2023/2024 (X/@juventusfc).

Bagikan:

JAKARTA - Juventus waspada saat kembali bertemu Salernitana di Serie A 2023/2024 di Stadion Arechi, Senin, 8 Januari 2024, dini hari WIB. Salernitana mengusung misi balas dendam setelah dihabisi Juventus di Coppa Italia.

Tidak ada jeda pertandingan lain di antara kedua tim. Jadi, masih fresh bagi Salernitana yang mengalami pembantaian 1-6 dari Juve di babak 16 besar Coppa Italia di laga terakhir. 

Saat bertindak sebagai tuan rumah, Salernitana langsung mengusung misi balas dendam. Tak sekadar membalas kekalahan memalukan saat bertemu di turnamen domestik, Salernitana butuh tambahan poin.

Pasalnya, mereka masih terpaku di dasar klasemen sehingga berupaya meraih poin penuh untuk memperbaiki posisinya.

Sampai memasuki akhir dari paruh kompetisi, Salernitana baru dua kali memenangi pertandingan Serie A 2023/2024. Mereka harus bangkit bila tak ingin kembali ke Serie B musim depan. 

Tim asuhan Filippo Inzaghi sesungguhnya mulai stabil dan nyaris meraih kemenangan kedua saat menjamu AC Milan. Saat itu, mereka sudah unggul 2-1.

Namun, Milan berhasil menyamakan skor menjadi 2-2 pada menit terakhir. Usai meraih satu poin, Salernitana kemudian meraih poin saat menyambangi markas Verona. 

Terlepas dari hasil buruk di Coppa Italia, Salernitana sukses memenangi laga terakhir di kompetisi domestik. Bermain di kandang lawan, mereka menaklukkan Verona 1-0.

Kebangkitan Salernitana yang mengalami keterpurukan akibat kekalahan besar di Coppa Italia jelas diwaspadai Juve. Pelatih Massimiliano Allegri menuturkan Salernitana tetap bukan lawan mudah bagi I Bianconeri.

"Bermain d kandang Slernitana tak pernah mudah. Kami bakal menghadapi situasi sulit karena mereka pasti ingin membalas kekalahan sebelumnya," ucap Allegri.

"Selain saat kembali ke kompetisi, mereka berharap melanjutkan tren kemenangan seperti saat melawan Verona. Kemenangan itu mendongkrak semangat dan upaya mereka bertahan di Serie A," kata dia.

Meski menghadapi lawan yang termotivasi membalas kekalahan, Allegri tetap optimistis di laga tandang itu. Kemenangan besar di Coppa Italia telah menaikkan moril dan kepercayaan diri pemain.

"Ini laga yang rumit. Kami hanya berusaha semaksimal mungkin mendekatkan jarak poin saat mengakhiri putaran pertama kompetisi. Kami baru memikirkan target berikutnya di putaran kompetisi," tukas Allegri.

Juve menunjukkan penampilan terbaik saat membantai Salernitana. Kini La Vecchia Signora berharap kembali meraih kemenangan demi menjaga jarak poin dengan pimpinan klasemen, Inter Milan.

Inter yang mengalahkan Verona 2-1 masih kukuh di puncak klasemen sekaligus tampil sebagai winter champions

Kemenangan itu menjadikan Inter mengantungi poin 48. Unggul lima poin dari Juve yang menempati peringkat kedua.

Pada laga melawan Salernitana, Allegri kembali menurunkan skuat terbaik. Striker Dusan Vlahovic menjadi pilihan pertama bersama Federico Chiesa.

Sementara gelandang muda Kenan Yildiz yang turut menyumbang gol di laga melawan Salernitana bakal duduk di bench.

Di tengah, Hans Nicolussi Caviglia akan menggantikan Manuel Locatelli yang menjalani larangan bermain. Dia bahu-membahu dengan Adrien Rabiot.

Allegri yang memakai tiga bek akan menurunkan Danilo bersama Bremer. Sedangan Andrea Cambiaso didorong ke depan menempati sebagai gelandang bertahan.

"Hans Nicolussi Caviglia dan Andrea Cambiaso akan dimainkan. Begitu pula Bremer akan bermain. Sedangkan Federico Gatti dan Danio akan menjadi starter. Siapa pun yang diturunkan, saya ingin menurunkan formasi terbaik," ujarnya.

Prakiraan Susunan Pemain

Salernitana (4-2-3-1): Costil; Daniliuc, Gyomber, Fazio, Bradaric; Maggiore, Legowski; Candreva, Martegani, Tchaouna; Ikwuemesi

Juventus (3-5-2): Szczesny; Gatti, Bremer, Danilo; Cambiaso, McKennie, Nicolussi Caviglia, Rabiot, Kostic; Chiesa, Vlahovic