Bagikan:

YOGYAKARTA - SWOLF merupakan istilah yang familiar di kalangan atlet renang profesional. SWOLF menjadi cara untuk mengukur efisiensi skor perenang. Bagi Anda yang ingin menekuni olahraga ini atau menjadi perenang, maka wajib memahami apa itu SWOLF dalam renang. 

SWOLF merupakan perhitungan skor yang dapat membantu atlet renang untuk mengetahui performanya saat di dalam air. Adanya SWOLF berguna bagi perenang untuk meningkatkan skill atau performanya supaya bisa berenang dengan lebih efisien. 

SWOLF sebagai metrik khusus renang semakin populer seiring dengan penggunaan smartwatch atau jam tangan pintar. Sejumlah merek smartwatch menyediakan fitur untuk melacak skor SWOLF yang bisa dimanfaatkan oleh perenang. Lantas apa itu SWOLF dalam renang dan bagaimana cara menghitungnya?

Apa Itu SWOLF dalam renang?

Istilah SWOLF sebenarnya berasal dari gabungan antara renang dan golf. SWOLF adalah kombinasi jumlah pukulan dan waktu yang berhasil dicapai dalam renang dalam jarak 25 meter atau yard. SWOLF sering diterapkan untuk mengukur efisiensi berenang. 

Dalam olahraga golf, SWOLF mirip dengan handicap golf dalam mengurangi jumlah pukulan. Semakin sedikit pukulan yang diperlukan dalam golf, maka nilai atau hasilnya semakin bagus. 

Sementara penggunaan SWOLF dalam renang, semakin sedikit pukulan dan waktu yang ditempuh maka semakin efisien kinerja di dalam air. SWOLF dijadikan sebagai skor yang menggabungkan jumlah pukulan dan waktu yang dibutuhkan dalam renang satu putaran.

Dari hasil skor SWOLF, Anda bisa menjadikannya acuan untuk mengevaluasi performa di dalam air. Apabila skor SWOLF Anda masih tinggi, berarti Anda perlu meningkatkan skill agar bisa menghasilkan sedikit pukulan dan dalam waktu yang lebih singkat. Jadi penggunaan metrik ini memang tujuannya memotivasi perenang untuk menurunkan skor SWOLF. 

Mengapa Skor SWOLF Penting bagi Perenang

Skor SWOLF memberikan pelacakan kecepatan perenang dan mengukur efisiensi di dalam air. Metrik SWOLF memberikan hasil angka holistik yang berfungsi dalam memperlihatkan seberapa baik performa perenang. 

Perenang profesional dituntut untuk bisa bergerak di dalam air dengan efisien. Mereka perlu memaksimalkan setiap pukulan dan gerakan kaki di dalam air. Dengan pukulan yang lebih sedikit namun dengan tenaga maksimal maka bisa menempuh waktu lebih cepat. 

Saat ini sudah banyak smartwatch yang menyediakan fitur SWOLF untuk membantu pelacakan aktivitas penggunanya. Para perenang bisa memanfaatkan smartwatch untuk membantu memotivasi latihan renang, sehingga performanya bisa meningkat. 

Cara Menghitung Skor SWOLF

Misalnya jika Anda berenang dengan jarak 50 meter, kemudian menghasilkan 30 pukulan dan 40 detik waktu tempuh. Anda akan memperoleh skor SWOLF sebesar 70. Perhitungannya adalah waktu tempuh ditambah dengan jumlah pukulan. 

40 detik + 30 pukulan = 70 skor SWOLF

Sebenarnya skor SWOLF bisa bervariasi tergantung dari jarak dan pukulan di dalam air. Misalnya perenang jarak pendek, umumnya akan mendapatkan skor SWOLF yang lebih kecil dibandingkan dengan perenang jarak jauh. 

Berikut ini contoh skor SWOLF sebagai gambaran bagi Anda dalam menghitung efisiensi renang. Skor SWOLF merupakan hasil aksi renang jarak jauh dari para atlet profesional. Pada AS Open 2021, Katie Ledecky keluar sebagai pemenang kompetisi renang gaya bebas 400m dalam waktu 4.00.51. 

Inilah beberapa skor SWOLF dari perlombaan yang dapat menjadi contoh atau gambaran bagi Anda:

  • Putaran pertama: 36 pukulan dalam 28 detik = 64
  • Putaran kelima: 39 pukulan dalam 29 detik = 68

Demikianlah ulasan mengenai apa itu SWOLF dalam renang yang wajib dipahami oleh atlet renang. Skor SWOLF sangat berguna sebagai evaluasi perenang dalam melakukan latihan atau untuk meningkatkan kinerjanya di dalam air. Baca juga artikel rekomendasi smartwatch untuk berenang.  

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.