Bagikan:

JAKARTA – Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC), Raja Sapta Oktohari, meminta warganet tidak merundung atlet-atlet yang siap dan akan tampil pada Olimpiade Paris 2024.

Hal itu diutarakan Okto, sapaannya, dalam sharing session bertema Menumbuhkan Spirit Olympism Anak Muda Pontianak yang berlangsung di Pontianak, Rabu, 20 Desember 2023.

Okto mengatakan atlet-atlet yang sedang berjuang lolos dan sudah pasti tampil level Olimpiade biasanya mendapat tekanan yang berbeda. Oleh karena itu, apa pun hasil yang diperoleh seharusnya mendapat apresiasi.

"Jangan merundung atlet! Sering saya baca komentar di media sosial, mengomentari atlet dengan hal negatif. Banyak orang memang tahunya hasil, tapi di olahraga itu semua butuh proses," ujar Okto.

Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Indonesia sudah punya lima tiket ke multicabang empat tahunan paling bergengsi di dunia itu.

Lima tiket itu didapat oleh pepanah Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa, pesenam artistik Rifda Irfanaluthfi, serta atlet panjat tebing Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rahmad Adi Mulyono.

Dua cabang olahraga terakhir merupakan kali pertama Merah-Putih memiliki perwakilan di Olimpiade.

"Untuk Olimpiade Paris 2024, Tim Indonesia sudah meloloskan lima atlet. Insyaallah, bisa lebih banyak lagi karena kualifikasi masih akan berlangsung hingga pertengahan tahun 2024," kata Okto.

Peluang Indonesia menambah wakil di Olimpiade Paris 2024 masih terbuka. Pasalnya, masih banyak kualifikasi yang dilaksanakan, termasuk di Indonesia awal tahun besok.

Kualifikasi dimaksud ialah Asian Shooting Championships rifle & pistol pada 5-18 Januari 2024 dan bulu tangkis Indonesia Masters yang digelar pada 23-28 Januari 2023.