Bagikan:

JAKARTA - Paris Saint-Germain secara dramatis lolos ke 16 besar Liga Champions setelah bermain imbang 1-1 di laga terakhir Grup F melawan Borussia Dortmund di Signal Iduna Park, Kamis, 14 Desember dini hari WIB.

PSG harus bekerja keras untuk merebut tiket ke babak knockout. Di grup tersebut hanya tersisa satu tiket karena Dortmund sudah memastikan lolos. Wakil Bundesliga Jerman ini pun tampil sebagai juara grup.

Sedangkan tiker lainnya diperebutkan PSG, AC Milan dan Newcastle United. Semua tim harus saling mengalahkan lawan-lawannya di laga terakhir.

PSG yang kemudian keluar sebagai 'pemenang' dengan membawa pulang tiket ke 16 besar setelah bermain imbang melawan Dortmund. Tambahan satu poin menjadikan PSG menduduki peringkat dua dengan poin delapan.

Perolehan poin Les Parisiens sama dengan Milan yang di luar dugaan menang 2-1 atas tuan rumah Newcastle United.

PSG tidak hanya unggul selisih gol tetapi juga head-to-head dengan Milan. Kemenangan Milan pun pada akhirnya membantu meloloskan PSG.  

Di laga terakhir itu, PSG mengalami kesulitan menghadapi Dortmund. Meski sudah lolos, Die Borussen tak begitu saja bermain santai. Mereka tetap bermain maksimal. Apalagi Dortmund bertindak sebagai tuan rumah di laga pamungkas ini.

Setelah bermain tanpa gol, PSG mencoba makin meningkatkan intensitas serangan di babak kedua. Namun mereka masih kesulian menembus pertahanan lawan.

Sebaliknya, Dortmund malah unggul lebih dulu saat laga baru berjalan enam menit. Pemain sayap Karim Adeyemi sukses memanfaatkan assist Niclas Fuellkrug untuk menaklukan kiper Gianluigi Donnarumma.

Namun keunggulan tuan rumah tak berlangsung lama. Hanya berselang beberapa saat atau menit 56, Warren Zaire-Emery membobol gawang Dortmund.

Dirinya berhasil memanfaatkan bola liar untuk menaklukkan kiper Gregor Kobel. Skor pun berubah menjadi 1-1.

PSG sesungguhya sempat berbalik unggul saat Kylian Mbappe mencetak gol menit 76. Namun setelah meninjaunya lewat VAR, wasit membatalkan gol itu karena ada pemain PSG yang offside.

Tidak ada lagi gol yang tercipta dan skor tak berubah. Hasil imbang ini secara dramatis sudah bisa meloloskan PSG ke babak selanjutnya.