Bagikan:

JAKARTA - Kiper David de Gea masih belum mendapatkan klub anyar setelah dilepas Manchester United.

Namun, kini dirinya diperebutkan Barcelona dan Newcastle United yang sama-sama kehilangan kiper pertama karena cedera.

Barca ditinggalkan kiper Marc-Andre ter Stegen yang harus menjalani operasi punggung. Kiper asal Jerman itu paling tidak harus beristirahat selama tiga bulan.

Ini berarti, Ter Stegen bakal kembali bermain pada Februari 2024. Posisi dia untuk sementara digantikan Inaki Pena.

Hanya, pelatih Xavi Hernandez tak bisa mengandalkan Pena semata yang merupakan satu-satunya kiper senior di skuat Blaugrana.

Barca pun merencanakan merekrut De Gea untuk kontrak sampai akhir musim. Apalagi, kiper berusia 33 ini memang belum memiliki klub baru.

Mantan kiper Timnas Spanyol tersebut masih menganggur setelah menolak tawaran berbagai klub. 

Namun, Barca bakal bersaing ketat dengan Newcastle yang juga kehilangan kiper andalan, Nick Pope, yang mengalami cedera bahu.

Cedera itu dialami Pope saat membawa Newcastle mengalahkan MU 1-0 di Liga Inggris. Cedera dislokasi bahu menjadikan Pope harus menepi cukup lama karena dia juga harus menjalani operasi.

Absennya Pope jelas menjadi pukulan bagi The Magpies. Pasalnya, Newcastle tengah berupaya menembus papan atas klasemen liga.

Ini yang menjadi alasan bagi Newcastle untuk merekrut De Gea sampai akhir musim. Bila memiliki kiper yang sudah 12 tahun bermain untuk MU ini, setidaknya Newcastle masih mampu bersaing demi mendapatkan posisi di papan atas liga.

De Gea dilepas MU pada akhir musim ini dan digantikan Andre Onana. Ironisnya, kiper yang didatangkan dari Inter Milan itu malah lebih sering membuat blunder. Dia juga sering kebobolan sehingga tak bisa membuat pemain lain tenang.

Berbeda dengan De Gea yang mampu membuat para bek lebih tenang karena kehebatannya saat berdiri di bawah mistar.

Selama 12 tahun bersama The Red Devils, dirinya sudah bermain 545 kali dan tercatat 190 clean-sheet.

Hanya saja, gaji De Gea bakal dipotong bila bergabung dengan Newcastle. Soalnya, gaji terakhir yang diterima De Gea mencapai 375 ribu poundsterling.