Bagikan:

JAKARTA – Atlet para-balap sepeda Indonesia menambah perolehan tiga medali emas pada ajang World Abilitysport Games 2023 di Nakhon Ratchasima, Thailand, Selasa, 5 Desember 2023.

Tiga medali emas itu didapat dari nomor road race yang menurunkan atlet Sufyan Saori, Muhammad Fadli Imammuddin, dan Tifan Abid Alana.

Sufyan Saori keluar sebagai yang tercepat pada kategori (C5). Sufyan mencatat waktu terbaik 2 jam 9 menit 57,264 detik.

Dia unggul atas atlet Thailand, Witsarut Dangiam, yang meraih medali perak dan Phoutthavongsay dari Laos yang meraih medali perunggu.

Sementara itu, Fadli Imammuddin mendapat medali emas dari nomor C4. Fadli tampil bagus dengan catatan waktu 2 jam 9 menit 00,024 detik.

Perak di nomor ini diamankan oleh Anre Nomme dari Estonia, sementara perunggu direbut Stefan Koroddi dari Swiss.

Berikutnya, Tifan menjadi yang terbaik dari nomor C3. Tifan mencatat waktu tercepat 1 jam 53 menit 39,710 detik.

Posisi kedua sekaligus medali perak direbut Salim Aljneibi dari Uni Emirat Arab (UEA) dan perunggu menjadi milik Rashed Alahmari dari Arab Saudi.

Pelatih para-balap sepeda Indonesia, Erik Suprianto, mengatakan sangat senang wakil Merah-Putih bisa tampil maksimal dan mengatasi tekanan untuk menjadi yang terbaik.

"Kami bersyukur para-balap sepeda kembali menyumbangkan tiga medali emas dari road race. Perlombaan berjalan sengit karena ada tekanan dari atlet Thailand dan Laos."

"Beruntung atlet kita mampu mengatasi tekanan itu sehingga keluar sebagai juara," ujar Erik dalam keterangan resminya.

Total, sekarang tim para-balap sepeda Indonesia telah menyumbangkan enam medali emas. Sehari sebelumnya, M. Fadli Imammuddin dan kawan-kawan telah meraih emas dari kategori individual time trial.