Kalahkan Sassuolo, AS Roma Tembus Zona Liga Champions
Pemain AS Roma Rasmus Kristensen merayakan gol yang menentukan kemenangan atas Sassuolo. (Twitter @OfficialASRoma)

Bagikan:

JAKARTA - AS Roma meraih kemenangan penting 2-1 atas Sassuolo di pertandingan Serie A Italia di Stadion Mapei - Citta del Tricolore, Senin, 4 Desember dini hari WIB. Roma pun berhasil menembus zona Liga Champions dengan menduduki peringkat empat klasemen sementara.

Roma memang melakukan start kurang bagus musim ini. Langkah mereka tersendat sehingga sempat tertahan di papan tengah.

Namun pelatih Jose Mourinho secara mampu membenahi performa tim dan Roma terus memperbaiki posisinya.

Konsistensi yang ditunjukkan Giallorossi sejak kalah 1-0 dari Inter Milan menjadikan mereka bisa naik ke posisi lebih baik. Usai dipaksa menyerah oleh Inter, mereka tak terkalahkan selama empat laga berikutnya. Termasuk saat menang atas Sassuolo

Kemenangan itu menjadikan Roma naik ke peringkat empat dengan poin 24. Sama dengan Napoli yang menelan kekalahan 3-0 dari Inter. Namun Roma unggul selisih gol sehingga bisa menembus zona Liga Champions.

Di pertandingan itu, Roma tertinggal lebih dulu saat Matheus Henrique mencetak gol di menit 25. Dirinya menyambut assist dari Domenico Berardi. Skor 1-0 itu bertahan sampai babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Roma masih kesulitan menembus pertahanan kokoh Sassuolo. Beruntung, tuan rumah kemudian kehilangan seorang pemain. 

Gelandang Daniel Boloca mendapat kartu merah karena melakukan pelanggaran terhadap Leandro Paredes pada menit 63.

Wasit Matteo Marcenaro sempat meninjau insiden pelanggaran itu lewat VAR. Hasilnya, Marcenaro menilai pelanggaran termasuk berbahaya sehingga membatalkan kartu kuning dan langsung memberikan kartu merah kepada Boloca.

Sassuolo pun mengalami perubahan karena harus bermain dengan 10 orang. Sementara, keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan sepenuhnya oleh Roma.

Namun tim tamu tetap harus bekera keras sebelum akhirnya mencetak gol yang menyamakan skor dari titik penalti di menit 76.

Penalti diberikan setelah Martin Erlic menjatuhkan Rasmus Kristensen di kotak terlarang. Wasit kembali meninjau insiden itu lewat VAR sebelum memutuskan memberi penalti untuk Roma.

Striker Paulo Dybala nyaris gagal menuntaskan eksekusi. Pasalnya, kiper Andrea Consigli mampu membaca arah bola. Meski demikian, bola tetap meluncur deras ke gawang Sassuolo.

Selanjutnya, Kristensen menjadi penentu kemenangan Roma. Menerima assist dari Dybala, dirinya sukses menjebol gawang tuan rumah di menit 82.

Ini menjadi gol terakhir yang tercipta di pertandingan itu. Roma pun menutup laga dengan kemenangan 2-1. Mourinho pun menunjukkan kepuasannya atas hasil itu.

"Akhirnya saya menyaksikan tim menunjukkan karakter sama sepanjang pertandingan. Kami mengawalinya dengan bagus dan mengakhiri laga dengan bagus pula," kata Mourinho memanggapi kemenangan Roma.