Diwarnai Drama Penalti, Timnas Jerman U-17 Curi Tiket Final dari Albiceleste
Jerman U-17 melangkah ke final Piala Dunia U-17 2023 setelah mengalahkan Argentina U-17 lewat adu penalti (dok. FIFA).

Bagikan:

JAKARTA - Jerman U-17 berhasil melaju ke final Piala Dunia U-17 2023 setelah menghadapi Argentina U-17 melalui pertarungan sengit. Lewat drama adu penalti, Der Panzer menang 4-2 setelah skor sempat seri 3-3 pada waktu normal.

Pada laga semifinal di Stadion Manahan, Solo, Selasa, 28 November 2023, Jerman U-17 lebih dulu mencuri gol pembuka. Sepakan Paris Brunner pada menit kesembilan membuat Der Panzer unggul 1-0.

Momen itu bukan satu-satunya yang berhasil dibuat Brunner sebab ia kembali mencetak gol kedua pada menit ke-56. Satu tambahan gol Jerman U-17 dilengkapi lewat sundulan Max Moerstedt.

Tiga gol Jerman U-17 itu juga dibalas oleh Argentina U-17. Bedanya, tiga gol balasan Albiceleste tercipta lewat hattrick pencetak gol terbanyak mereka, Agustin Ruberto, pada menit ke-36, 45+4, dan 90+7.

Hasil seri 3-3 itu memaksa kedua tim melewati drama adu penalti demi menentukan pemenang ke babak final.

Pada momen ini, Jerman U-17 lebih dulu mendapat kesempatan menendang penalti. Eric Da Silva Moreira melakukan tugasnya dengan baik dan membuat skor unggul 1-0.

Franco Mastantuono penendang pertama Argentina U-17 gagal membuat angka. Der Panzer menjauh selepas Robert Ramsak, yang maju jadi eksekutor kedua, mampu menaklukkan kiper lawan yang salah memprediksi datangnya bola.

Claudio Echeverri kian membuat Argentina U-17 tenggelam. Sang kapten gagal melaksanakan tugasnya karena tembakannya diblok kiper lawan. Skor 2-0 untuk Jerman U-17.

Pada kesempatan ketiga, Villalba berhasil menggagalkan tembakan eksekutor ketiga Jerman, Finn Jeltsch.

Juan Gimenez lalu berhasil menjebol gawang Jerman U-17. Skor berubah menjadi 2-1.

Pada kesempatan keempat, Fayssal Harchaoui, sukses dalam tendangan 12 pas meskipun arah bolanya sempat dibaca oleh kiper lawan.

Juan Villalba juga berhasil mencetak gol dan memperkecil ketertinggalan Albiceleste menjadi 3-2.

Hanya saja, eksekutor terakhir Jerman U-17, Paris Brunner, bisa menunaikan tugasnya dengan baik hingga mengubah skor menjadi 4-2.

Eksekusi mulusnya ini sekaligus memastikan Jerman U-17 lolos ke babak final Piala Dunia U-17 2023.