Hasil Piala Dunia U-17 2023: Argentina U-17 Bungkam Brasil U-17 dengan Meyakinkan
Brasil U-17 dan Argentina U-17 bersua di perempat final Piala Dunia U-17 2023 (VOI.ID/Cosmas Kopong Beda).

Bagikan:

JAKARTA – Argentina U-17 lolos ke semifinal Piala Dunia U-17 2023 setelah menang 3-0 atas rival mereka Brasil U-17 di Jakarta Internasional Stadium (JIS) pada Jumat, 24 November 2023 malam WIB.

Tiga gol kemenangan La Albiceleste itu diborong wonderkid mereka, Claudio Echiverri. Pemain yang dijuluki sebagai Setan Kecil itu mencetak masing-masing satu gol pada babak pertama dan dua gol di paruh kedua.

Pemain milik River Plate yang mengenakan ban kapten tersebut membuka keunggulan untuk timnya pada menit ke-28.

Sepakannya meneruskan umpan Dylan Gorosito mengenai kaki pemain Brasil U-17 sehingga bola berbelok arah mengecoh kiper Phillipe Gabriel.

Dia kemudian menggandakan gol Tim Tango pada 13 menit setelah babak kedua dimulai. Kali ini dia tidak menyia-nyiakan umpan dari Valentino Acuna.

Echeverri kemudian mencetak gol ketiganya pada menit ke-71. Ia mengejar umpan manis Agustin Roberto lalu mengecoh kiper lawan dan menyarangkan bola ke gawang yang sudah kosong.

Kemenangan ini sekaligus menghapus memori buruk Argentina U-17 yang sebelumnya selalu kalah melawan Brasil U-17 di babak gugur kompetisi kelompok umur dua tahunan ini.

Sebelumnya, dalam dua pertemuan di babak gugur ajang yang dimulai pada tahun 1985 ini, Brasil U-17 tercatat selalu keluar sebagai pemenang.

Pertemuan pertama mereka terjadi pada semifinal edisi 1995 di Ekuador. Ketika itu Tim Samba menang telak 3-0 sebelum menelan kekalahan di final melawan Ghana U-17.

Kedua tim kemudian kembali saling berhadapan pada babak perempat final di Mesir dua tahun setelahnya. Brasil U-17 kembali menang 2-0 dan melanjutkan perjalanan mereka sampai mengangkat gelar.

Pada semifinal nanti, Argentina U-17 akan bertemu Jerman U-17 yang sukses menyingkirkan Spanyol U-17. Pasukan asuhan Christian Wuck itu menang lewat gol tunggal Paris Brunner dari titik putih di babak kedua.

Susunan Pemain

Brasil U-17 (4-2-3-1): Phillipe Gabriel; Joao Henrique, Da Mata, Vitor Reis, Pedro Lima; Lucas Camilo, Sidney; Rayan, Dudu, Estevão; Kaua Elias

Pelatih: Phelipe Leal

Argentina U-17 (4-2-3-1): Jeremias Florentin; Octavio Ontivero, Tobias Palacio, Juan Gimenez, Dylan Gorosito; Mariano Gerez, Ian Subiabre; Valentino Acuna, Claudio Echiverri, Santiago Lopez; Agustin Roberto

Pelatih: Diego Placente