Bagikan:

YOGYAKARTA - Apakah kalian sering berjalan kaki tanpa alas kaki? Ternyata dengan berjalan tanpa menggunakan alas kaki ada beberapa manfaatnya loh yang bisa kita rasakan! Lantas apa sih manfaat jalan kaki tanpa alas kaki?

Manfaat Jalan Kaki Tanpa Alas Kaki

Pada dasarnya dengan berjalan kaki saja sudah memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh kita. Pasalnya, berjalan kaki merupakan aktivitas yang bermanfaat untuk membuat diri kita senantiasa selalu sehat, apalagi tanpa menggunakan alas kaki? Penasaran apa saja manfaatnya? Baca uraian berikut ya!

1. Dapat Mengurangi Rasa Sakit

Melansir dari Journal of Inflammation Research, pada saat telapak kaki berjalan menyentuh tanah secara langsung, maka akan menjadi selaku antioksidan alami.

Fungsi antioksidan sendiri akan memproteksi sel, organ, serta jaringan pada tubuh dari stress oksidatif. Contohnya, ketika kita mengalami nyeri otot maka akan terasa lebih baik setelah berjalan di atas tanah.

2. Meningkatkan Peredaran Darah

Pasalnya, kalian memakai otot tambahan di kaki serta tungkai buat menolong menyeimbangkan badan kemudian mengirim pesan ke otak saat jalan kaki. Lewat memanfaatkan otot tambahan, sama halnya dengan berolahraga, peredaran pada darah buat kaki bakal bertambah.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Suatu riset terbitan Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan adanya hubungan berjalan tanpa alas kaki dengan mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurut peneliti, dalam riset tersebut kalau grounding bisa mengurangi pembekuan serta pengentalan darah dalam sel darah merah. Proses pengentalan dalam sel darah merah merupakan aspek utama dalam penyakit kardiovaskular.

4. Meningkatkan Suasana Hati

Berdasarkan hasil studi diterangkan kalau stres serta depresi bakal berkurang dengan kerutinan berjalan tanpa alas kaki. Kebiasaan ini dapat membuat badan merasakan beraneka ragam tekstur serta bentuk tanah di area yang Kalian injak.

Badan bakal terfokus pada keseimbangan sehingga lebih bisa melepaskan hormon kortisol ataupun tekanan pikiran. Meningkatkan postur serta keseimbangan badan keseluruhan

Berjalan tanpa alas kaki bisa memforsir badan buat melatih serta menguatkan otot-otot kecil pada kaki. Hal itu membuat otak akan mendeteksi buat memperhatikan sinyal dari kaki sehingga meningkatkan bentuk badan serta keseimbangan tubuh.

The Foundation for Health in Aging berkata kalau penelitian mengenai berjalan di atas batu bisa menolong para orang tua untuk meningkatkan kekuatan serta keseimbangan mereka.

Risiko Berjalan Tanpa Alas Kaki

Walaupun mempunyai banyak manfaat, tapi kebiasaan berjalan tidak menggunakan sandal ataupun sepatu dapat memunculkan efek samping, loh!

Ada banyak keadaan yang membolehkan Kalian alami luka saat berjalan tanpa menggunakan alas di luar ruangan. Jadi, kalian wajib berjaga-jaga.

Adapun risiko dalam berjalan kaki tanpa alas adalah:

  • Memungkinkan untuk masuknya bakteri, peradangan jamur, serta virus akibat bertelanjang kaki.
  • Adanya kutil plantar serta peradangan virus pada permukaan kaki tak dibersihkan dengan baik.
  • Kutu air serta peradangan jamur pula bakal menyerang pada permukaan yang basah di kaki kita.
  • Kemungkinan memijak pecahan kaca ataupun benda tajam yang bisa menimbulkan infeksi tetanus.
  • Terserang cacing tambang pada saat kaki mempunyai kontak langsung dengan kotoran hewan, yang umumnya berada pada pasir serta rumput.

Berjalan tanpa menggunakan alas kaki kesimpulannya memang sangat baik, namun harus kalian pastikan lebih dahulu apakah tempat yang akan kalian pilih ini aman atau tidak. Utamakan mengenal areanya agar kalian terhindar dari cedera dan juga hal-hal yang tak diinginkan.

Jadi setelah mengetahui manfaat jalan kaki tanpa alas kaki, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!