Bagikan:

JAKARTA - Denmark menjadi tim nasional ke-13 yang meraih tiket ke Euro 2024. Denmark memastikan lolos setelah menang 2-1 atas Slovenia di pertandingan kualifikasi Grup H di Stadion Parken, 18 November dini hari WIB.

Denmark kembali beraksi di Piala Eropa. Pada gelaran terakhir, Euro 2020,

Danish Dynamite sukses menembus semifinal sebelum dikalahkan Inggris 2-1 lewat perpanjangan waktu.

Kini, tim yang pernah membuat kejutan dengan menjadi juara di Euro 1992 ini kembali lolos untuk berlaga di putaran final setelah meraih kemenangan atas Slovenia.

Kemenangan itu menjadikan Denmark mengukuhkan posisinya di puncak klasemen dengan poin 22. Menyisakan satu laga terakhir, perolehan poin mereka sudah tidak bisa dikejar Kazakhstan yang menduduki peringkat tiga dengan poin 18.

Begitu pula Slovenia yang bertengger di peringkat dua dengan memiliki 19 poin. Meski menang lawan Kazakhstan di laga terakhir, namun mereka masih kalah head to head dengan Denmark.

Slovenia sendiri malah bertarung dengan Kazakhstan memperebutkan tiket terakhir. Sekali lagi, laga penentu a winner takes all digelar di kandang Slovenia, 21 November dini hari WIB.

Dalam duel melawan Denmark yang bertindak sebagai tuan rumah, Slovenia memang mengalami kesulitan. Sebaliknya, Denmark mampu menunjukkan dominasi sejak menit pertama.

Tuan rumah sudah nyaris unggul saat sundulan Jonas Wind mengancam gawang Slovenia di menit 12. Namun kiper Jan Oblak secara gemilang menepis bola sudulan Wind.

Denmark akhirnya berhasil unggul di menit 26. Kali ini, Joakim Maehle yang membobol gawang tim tamu lewat tendangan setengah voli saat menyambut umpan silang Victor Kristiansen.

Sayangnya, Denmark gagal mempertahankan keunggulan. Hanya berselang empat menit, bek Slovenia Erik Janza sukses membobol gawang Kasper Schmeichel lewat free kick ciamik. Skor 1-1 bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, permainan Denmark tak berubah dan berusaha menekan lawan. Tercatat dua peluang dari Yussuf Poulsen di menit-menit awal mengancam pertahanan Slovenia. Namun dirinya gagal mengonversinya menjadi gol.

Serangan bergelombang Denmark akhirnya memberi hasil memuaskan. Gelandang Thomas Delaney sukses membobol gawang Slovenia di menit 54.

Gol berawal dari upaya Jannick Vestergaard yang memberikan bola lewat sundulan kepada Delaney.

Bola matang itu kemudian disambar Delaney yang membobol gawang Slovenia. Gol itu langsung disambut sorak-sorai penonton yang memenuhi stadion.

Skor berubah menjadi 2-1 untuk Denmark. Tuan rumah masih memberi tekanan kepada Slovenia demi menambah gol. Namun usaha mereka gagal dan Denmark menutup laga dengan kemenangan 2-1.