Bagikan:

JAKARTA – Denmark dan Serbia akan bersua pada laga terakhir Grup C Euro 2024. Kesempatan untuk mendapat tiket babak gugur masih terbuka bagi kedua tim.

Duel antara kedua kesebelasan ini akan berlangsung Allianz Arena, Rabu, 26 Juni 2024, dini hari pukul 02.00 WIB. Wajib menang menjadi tugas berat buat kedua tim di kesempatan terakhir mereka ini.

Saat ini, Denmark duduk di posisi kedua klasemen dengan koleksi dua poin. Mereka terpaut dua poin dari Inggris yang merupakan pemuncak klasemen grup dan sejajar dengan Slovenia yang juga memiliki dua poin.

Sementara itu, Serbia menempati dasar klasemen dengan satu poin. Raihan itu mereka dapatkan ketika menahan imbang Slovenia pada pertandingan kedua penyisihan grup.

Walaupun kehilangan empat poin dari dua laga sebelumnya, harapan Denmark belum padam. Tiga angka melawan Serbia sudah pasti membuat mereka lolos, bisa sebagai juara atau runner-up grup, tergantung hasil Inggris kontra Slovenia.

Mereka juga bisa saja tersingkir keluar dua besar seandainya Slovenia mengejutkan Inggris dan Denmark cuma mendapat satu poin atau kalah. Jika tanpa poin maka justru bisa melapangkan jalan buat Serbia ke babak gugur.

Namun, enam pertandingan tak terkalahkan membuat semifinalis Euro 2020 ini berada dalam posisi yang diunggulkan. Apalagi Denmark tercatat selalu mencetak gol dalam tujuh pertandingan terakhir di Euro.

Di lain sisi, Serbia sudah pasti tidak akan dapat menyalip Inggris apa pun hasil melawan Denmark. Namun, mereka memiliki kesempatan untuk menyalip Denmark dan Slovenia untuk ke babak gugur.

Untuk bisa naik ke posisi kedua dan lolos sebagai runner-up maka Serbia harus berjaya melawan Denmark dan berharap Slovenia maksimal mendapat satu poin melawan Inggris.

Akan tetapi, peluang mereka untuk melanjutkan perjalanan sangatlah kecil. Pasalnya, statistik mereka menunjukkan inkonsistensi, hanya menang empat kali dalam 13 pertandingan terbaru.

Selain itu, Serbia juga tercatat kalah dalam tiga pertemuan sebelumnya dengan Denmark. Selama periode itu mereka bahkan kebobolan delapan kali dan hanya sanggup mencetak satu gol.

Prakiraan Formasi

Denmark (3-4-3): Schmeichel; Andersen, Christensen, Vestergaard; Bah, Hojbjerg, Hjulmand, Maehle; Eriksen; Hojlund, Wind

Serbia (3-4-2-1): Rajkovic; Veljkovic, Pavlovic, Milenkovic; Zivkovic, Ilic, Lukic, Mladenovic; Tadic, Milinkovic-Savic; Mitrovic