Bagikan:

YOGYAKARTA – Anda tentu pernah bertanya bolehkah berenang saat hujan? Pertanyaan itu wajar dipertanyakan mengingat air hujan tidak begitu berbahaya untuk kesehatan dan tubuh. Namun, anggapan tersebut ternyata perlu ditinjau ulang.

Bolehkah Berenang Saat Hujan?

Banyak pendapat yang menyatakan bahwa berenang bisa jadi kegiatan yang berbahaya jika dilakukan saat hujan meski air hujan tidak akan membahayakan tubuh. Berikut potensi bahaya yang mungkin terjadi saat berenang kala hujan.

  1. Risiko Tersambar Petir

Berenang saat cuaca sedang hujan ternyata berpotensi tersambar petir. Seperti diketahui, kemunculan petir tidak bisa diprediksi. Bahkan petir bisa menyambar di mana saja, termasuk di area kolam tempat Anda berenang. Dianjurkan untuk tidak berenang di kolam terbuka dan luas saat hujan atau saat sambaran petir terjadi beberapa kali.

  1. Risiko Tersengat Listrik

Kita tak pernah tahu kebocoran kabel yang menjadi jalur aliran listrik. Terutama jika Anda berenang di kolam renang dengan lampu di sekitarnya. Air hujan yang membasahi tanah dan lampu akan membuat listrik mudah merambat hingga menyengat perenang. Kondisi ini sangat berbahaya sehingga disarankan untuk tidak berenang saat hujan deras.

  1. Potensi Terpeleset

Air hujan akan membuat area sekitar kolam renang jadi licin terutama jika area di sekitar kolam menggunakan marmer atau bahan lain yang lebih keras. Bahkan tanah jadi lebih becek sehingga dapat membuat air kolam jadi kotor.

  1. Terserang Flu

Air hujan yang kotor ditambah suhu udara yang dingin dapat menjadi pemicu flu. Tentu kondisi itu tak diinginkan. Alasan ini perlu dipertimbangkan jika Anda berencana berenang saat hujan.

  1. Memicu Hipotermia

Tidak bisa disangkal bahwa suhu udara saat hujan akan berubah jadi dingin. Jika Anda memaksakan diri berenang di suhu udara dingin maka potensi terkena hipotermia makin besar. Perlu diketahui hipotermia adalah kondisi di mana suhu tubuh turun drastis hingga memicu organ tubuh berhenti bekerja.

  1. Air Hujan Membawa Polutan

Harus diketahui bahwa air hujan berpotensi membawa polutan, baik dari langit maupun limpahan dari atap dan tanah. Polutan tersebut akan mencemari air kolam dan masuk ke tubuh dikhawatirkan mengganggu kesehatan. Selain itu, air hujan juga berpotensi membawa kotoran, debu, dedaunan, mulsa, serbuk sari, bahkan serangga yang terbawa angin.

  1. Menelan Air Kotor

Tidak sengaja menelan air saat berenang memang sering terjadi. Di sisi lain, air kolam renang yang bercampur air hujan dan kotoran lain yang terbawa angin dan air cukup berbahaya jika tertelan. Akibatnya akan mengganggu kesehatan seperti memicu gangguan pencernaan atau masalah serius lain.

  1. Berpotensi Terkena Lemparan Benda

Hujan kerap disertai angin. Saat berenang di kolam ruangan di tengah hujan, potensi terkena lemparan benda yang terbawa angin cukup tinggi. Bahkan benda yang terlempar cukup keras atau tajam hingga melukai.

Itulah informasi terkait bolehkah berenang saat hujan. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.