Bagikan:

JAKARTA - Seluruh matchday pertama fase grup Piala Dunia U-17 telah tuntas digelar. Dari 12 pertandingan yang digelar puluhan gol tercipta dengan berbagai proses dan cara yang tak terduga. Berikut daftar top skor sementara Piala Dunia U-17 2023.

Piala Dunia U-17 yang mulai digelar pada 10 November, ada 42 gol tercipta dari keseluruhan laga meski dua diantaranya merupakan gol bunuh diri. Dari total gol yang tercipta, ada 36 pemain yang berkontribusi mencatatkan namanya di papan skor. 

Sejauh ini, Mamadou Doumbia yang merupakan pemain Mali menjadi nama yang paling banyak mencatatkan namanya di papan skor. Ia mencetak tiga gol saat membantu tim melawan Uzbekistan U-17.

Di belakang Doumbia ada empat nama yang mengekor setelah mengemas dua gol. Mereka adalah, Justin Oboavwoduo dari timnas Inggris U-17, Amara Diouf dari Senegal U-17, Nimfasha Berchimas dari Amerika Serikat U-17 dan Leenhan Romero dari Venezuela U-17. 

Dalam daftar pencetak gol, Inggris menjadi negara yang paling banyak mencatatkan pemain setelah kemenangan besar 10-0 Kaledonia Baru. Selain Oboavwoduo, pemain Inggris lain yang menjaringkan gol adalah dua sosok yang memiliki caps di Premier League yakni Sam Amo-Ameyaw dan Ethan Nwaneri.

Dua nama pemain itu mencetak satu angka di papan skor. Dengan jumlah yang sama, ada pula pemain timnas Indonesia U-17, yaitu Arkhan Kaka yang membantu tim unggul lebih dulu saat melawan Ekuador. 

Salah satu pemain yang meramaikan deretan daftar pencetak satu angka di matchday perdana Piala Dunia U-17 adalah pemain muda Barcelona yang turut membawa timnas Spanyol U-17 menang pada laga perdana, Marc Guiu.

Sedangkan daftar pemain yang tercatat membuat gol bunuh diri adalah pemain Iran, Abolfazi Zamani dan pemain Kaledonia Baru Wadria Hanye.

Berikut adalah daftar top skor sementara fase grup Piala Dunia U-17: 

3 Gol: 

  • Mamadou Doumbia (Mali)

2 Gol: 

  • Justin Oboavwoduo (Inggris)

  • Amara Diouf (Senegal)

  • Nimfasa Berchimas (AS)

  • Leenhan Romero (Venezuela)

foto: Instagram.com/@fifaworldcup