Didampingi Gibran Rakabuming, Erick Thohir: Solo Jadi Bagian Sejarah Piala Dunia U-17
Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama Walikota Gibran Rakabuming mengikuti pawai Trophy Experience FIFA World Cup U-17 2023 di Solo.

Bagikan:

SOLO - Solo menjadi penutup Trophy Experience FIFA World Cup U-17 2023. Tur trofi di Kota Solo ini menjadi penanda bahwa Indonesia siap menjadi sorotan dunia dengan menggelar Piala Dunia FIFA U-17 2023. Ketua Umum PSSI Erick Thohir didampingi Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka menyatakan Solo akan menjadi sejarah Piala Duni U-17.

Minggu, 5 November, pukul 06.30 WIB pawai trofi dimulai dari Stadion Sriwedari. Stadion bersejarah karena menjadi tempat penyelenggaraan PON pertama pada 1948.

Pawai Trophy Experience FIFA World Cup U-17 2023 bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka disambut meriah ribuan warga Solo yang memadati jalan dari Stadion Sriwedari menuju kawasan Pura Mangkunegaraan.

Nuansa tradisional memang kental dalam pawai itu. Trofi diarak diiringi tarian tradisional dan prajurit Pura Mangkunegaran. Menyaksikan antusias masyarakat Solo menyambut Trophy Experience, Erick Thohir menyatakan keyakinan pesta sepakbola talenta dunia ini akan berjalan lancar dan sukses.

"Jika saya menyaksikan animo Kota Solo dan warga di bawah arahan Walikota mas Gibran, ajang Piala Dunia U-17 ini secara keseluruhan akan berlangsung lancar dan sukses. Selain itu kesiapan stadion, infrastruktur, dan pemerintah kota menyambut Piala Dunia," kata Erick.

"Dengan sisa waktu yang ada, mari kita sambut pesta sepak bola dunia yang akan menjadi sejarah bagi Indonesia. Dan, Solo menjadi bagian dari sejarah itu," ujar Erick yang juga Menteri BUMN ini.

Trophy Experience dimulai dari pawai bola raksasa sejak dari Sriwedari dan berjalan menuju Pasar Antik Triwindu hingga Pura Mangkunegaraan (Gapura Ngarsopuro).

Selain Erick dan Gibran, arak-arakan diikuti prajurit Pura Mangkunegaraan, penari Mangkunegaraan, drum band, bintang-bintang klub Persis Solo.

"Saya mewakili warga Solo siap menyukseskan Piala Dunia U-17 2023. Tidak hanya selama babak penyisihan, tapi juga hingga semifinal dan final yang akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo," kata Gibran.

Walikota mengucapkan terima kasih kepada Erick Thohir atas kehormatan menjadikan Kota Solo sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia FIFA U-17. Gibran mengatakan akan berusaha sebaik mungkin agar acara berjalan aman.

"Kami tidak akan menyia-yiakan kepercayaan yang diberikan Bapak Erick sebagai Ketum PSSI dan pemerintah pusat kepada Solo yang akan menjadi perhatian kancah sepakbola dunia," ujarnya.

"Kami akan berusaha sebaik mungkin agar acara ini berjalan lancar, aman, dan timnas Indonesia meraih prestasi maksimal," ucap Gibran lagi.

Kanjeng Gusti Mangkoenegara X dan Plt Gubernur Jateng, Nana Sudjana yang menyambut kedatangan pawai di Gapura Ngapuro juga antusias akan kedatangan trofi di Solo. Menurut dia ini menandakan tak lama lagi pesta sepak bola yang diikuti 24 tim siap bergulir.

"Sebuah kebanggaan karena Kota Solo dan seluruh warga mendapat kehormatan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia sepak bola. Ini akan terus diingat sehingga kami siap memberikan yang terbaik menjamu tamu dan tim-tim yang datang," kata Kanjeng Gusti Mangkoenegara X.

Hal senada diungkapkan Nana Sudjana. Plt Gubernur Jateng menyatakan siap memberikan dukungan maksimal bagi Solo.

Dengan demikian kota ini menjadi salah satu tuan rumah terbaik dalam memberikan layanan keamanan dan kenyamanan bagi penonton serta tim, ofisial, dan panpel.

"Jawa Tengah siap menjadi bagian penting dalam kesuksesan Piala Dunia U-17 ini. Kami telah mengerahkan segala upaya dukungan agar semua kegiatan terkait Piala Dunia di Solo ini berjalan lancar. Sukses Solo juga menjadi sukses Jawa Tengah," ucap Nana Sudjana.

Seperti di tiga kota sebelumnya, Jakarta, Bandung, dan Surabaya, banyak acara hiburan rakyat di event Trophy Experience FIFA World Cup U-17 2023 di Solo.

Masyarakat tak hanya bisa melihat lebih dekat, tapi juga berfoto bersama trofi Piala Dunia U-17 yang dipamerkan depan Gedung Kavallerie-Artillerie, Pura Mangkunegaraan, .

"Trofi tur ini tepat untuk sosialisasi Piala Dunia U-17. Saya optimistis warga Solo juga ingin jadi bagian sejarah ajang bergengsi ini dengan menonton calon-calon bintang sepak bola masa depan secara langsung di Stadion Manahan," ujar Erick.

Solo akan mementaskan persaingan penyisihan Grup B Piala Dunia U-17 2023 yang terdiri dari Spanyol, Kanada, Uzbekistan, dan Mali. Stadion Manahan juga menjadi arena laga babak 16 besar, perempatfinal, semifinal, dan final.