Fernando Alonso Ingatkan "Konsekuensi" atas Rumor Nasibnya di F1 yang Tidak Beralasan
Fernando Alonso bantah rumor tanpa dasar tentang kemungkinan kepindahannya dari tim Formula 1 Aston Martin. (foto: twitter @alo_oficial)

Bagikan:

JAKARTA - Fernando Alonso mengatakan akan ada "konsekuensi" bagi mereka yang menyebarkan rumor tanpa dasar, pekan ini tentang kemungkinan kepindahannya dari tim Formula 1 Aston Martin.

Media sosial dipenuhi dengan cerita-cerita dalam beberapa hari terakhir ini mengenai Alonso yang entah beralih ke Red Bull atau siap untuk pensiun. Hal ini dipicu oleh seorang jurnalis TV Spanyol, Albert Fabrega, yang memposting cuitan misterius yang mengisyaratkan tentang berita besar yang sedang berkembang di paddock.

Meskipun Fabrega tidak pernah menyebutkan topik rumor itu, hal itu memicu kegilaan bahwa ini berkaitan dengan perombakan besar dalam pasar pembalap yang melibatkan Alonso.

Namun, sementara rumor berkembang, Alonso dengan tegas menyatakan sebelum Grand Prix Brasil bahwa ia tidak terkesan dengan spekulasi liar tersebut.

"Itu hanya rumor, rumor biasa di paddock, dari orang-orang yang mencoba bercanda dan mendapatkan beberapa pengikut, dan hal-hal semacam itu," katanya ketika ditanyai tentang situasi tersebut. "Tapi saya tidak terlibat dalam permainan tersebut."

Alonso menyatakan bahwa tindakan beberapa orang yang menyebarkan spekulasi itu tidak benar, dan dia mengungkapkan pandangannya yang kurang baik terhadap apa yang telah terjadi.

"Saya tidak menikmatinya karena bahkan di ruangan ini, saya menghargai bahwa semua dari Anda adalah jurnalis, orang-orang profesional, yang telah lama berada di F1," katanya.

"Anda mendapatkan penghargaan, dan itulah seharusnya. Jadi, semua rumor berasal dari orang-orang yang tidak berada di ruangan ini, mereka di sini hanya untuk bersenang-senang dan saya pikir itu tidak lucu ketika mereka bermain dengan sesuatu," ujarnya.

Apa yang dijelaskan oleh Alonso yang membuatnya sangat tidak puas adalah bahwa hubungannya dengan Red Bull, atau bahwa ia kehilangan keyakinan pada proyek Aston Martin, yang bisa membuat beberapa orang mempertanyakan loyalitasnya.

"Tentu, itulah yang mereka lakukan, tetapi saya akan memastikan ada konsekuensi," katanya, meskipun ia menolak memberikan rincian lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan ini.

Tidak Puas dengan Performa Saat Ini

Meskipun Aston Martin sedang mengalami masa sulit saat ini, setelah menghadapi sejumlah kesulitan sejak pembaruan tiba di Grand Prix Amerika Serikat, Alonso mengatakan penting untuk mengingat gambaran yang lebih besar tentang kemajuan yang telah dicapai oleh tim ini tahun ini.

"Kami jelas tidak sekompetitif yang kami inginkan," katanya. "Dan kita semua berusaha mencapai tingkat terbaik kita, yang jelas bukan yang kami tunjukkan sekarang.”

"Tapi kami sedang menganalisis beberapa perbaikan yang kami bawa belakangan ini. Di sini di Brasil, kami memiliki format sprint, jadi mungkin ini adalah akhir pekan yang lebih tradisional bagi kami, tidak bereksperimen sebanyak dua balapan terakhir,” tambahnya.

"Tentu saja, kami tidak bahagia. Mike [Krack] tidak bahagia, tidak ada yang bahagia dengan performa saat ini. Tapi pada saat yang bersamaan, saya mengatakan beberapa balapan yang lalu, tim ini hanya terdiri dari 250 orang dua tahun yang lalu, sekarang kami dalam transisi ini, semoga menjadi pesaing di masa depan dengan 800 orang dan pabrik baru,” ucapnya.

"Tujuh kali naik podium tahun ini, 200 poin lebih dari tahun lalu, semua hal-hal seperti itu yang bukan merupakan performa saat ini. Kami seharusnya tidak bahagia, tetapi kita tidak bisa terlalu dramatis tentang situasi ini ketika kampanye 2023 ini adalah musim super bagi kami," jelasnya