Pemain Voli Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri: Bikin Bangga Negara, Siapa Saja Sih Mereka?
Pemain Voli Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri (Gambar Çağlar Oskay-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sejauh ini, terdapat beberapa atlet voli Indonesia yang tengah merintis kariernya di luar negeri. Pasti saja, kiprah mereka bakal sangat dinantikan penggemar voli di Tanah Air. Kira-kira siapa saja sih pemain voli Indonesia yang berkarier di luar negeri?

Terlebih, sebagian pemain voli yang tengah berkarier di luar negara itu berstatus selaku pemain andalan Timnas Voli Indonesia. Pengalaman ini diharapkan dapat menunjang perkembangan para atlet tersebut saat kembali ke Tanah Air.

Berikut menyajikan deretan atlet voli asal Indonesia yang saat ini tengah berkarier bersama klub luar negara.

Pemain Voli Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri

1. Rendy Tamamilang

Atlet senior yang sempat jadi andalan Timnas Indonesia, Rendy Tamamilang, akhirnya pula memutuskan buat berkarier di luar negara. Ia bermain buat klub asal Uni Emirat Arab.

Klub yang dimaksud yakni Hatta Club Dubai. Rendy nyatanya tidak bakal kesusahan buat berkarier di Liga Voli Uni Emirat Arab. Karena, pelatih anyar klub ini yakni Pascal Wilmar, orang asli Indonesia.

Pascal telah melatih voli semenjak 2016. Rendy yang sempat jadi outside hitter Timnas Voli Indonesia bakal jadi salah satu tulang punggung klub ini.

2. Fahri Septian

Pevoli asal Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Fahri Septian, akhirnya mengawali kariernya di luar negeri. Pemain dengan posisi outside hitter yang jadi andalan Timnas Voli Indonesia ini bermain di Liga Bulgaria bersama SKV Montana.

Ini jadi cobaan awal untuk pevoli berumur 25 tahun itu. Alasannya, Fahri lebih dahulu lebih banyak berkarier di Indonesia sehabis mengawali kiprahnya pada 2019 bersama Jakarta Garuda.

Sehabis itu, ia pernah bermain buat Palembang Bank Sumsel( 2020), Kudus Sukun Badak (2022), sampai Jakarta LavAni Allo Bank (2023).

3. Yuda Mardiansyah

Berikutnya, ada pevoli asal Indonesia yang saat ini berkarier bersama klub voli Thailand, Diamond Food VC, ialah Yuda Mardiansyah. Kontrak ini memanglah baru resmi pada 12 Oktober 2023.

Peluang Yuda Mardiansyah buat berkarier di Thailand memanglah tidak terlepas dari perubahan regulasi yang menaikkan satu kuota pemain Asia buat masa 2023/2024.

Yudha juga menerima tawaran tersebut sebab kompetisi voli di Indonesia baru bakal diawali pada pertengahan tahun depan. Sebelumnya, ia bermain buat klub Proliga, Jakarta Bhayangkara Presisi.

4. Megawati Hangestri

Tidak hanya 3 atlet voli putra yang telah disebutkan di atas, Indonesia pula mempunyai satu atlet voli putri yang saat ini tengah merintis kariernya di luar negeri. Sosok yang dimaksud yakni Megawati Hangestri.

Pemain yang akrab dengan julukan Megatron ini telah memulai kiprahnya dengan mencatat debut bersama klub Liga Voli Putri Korea Selatan, Daejeon Cheng Kwan Jang Red Sparks.

Debutnya pula terhitung impresif. Karena, pevoli andalan Timnas Voli Putri Indonesia ini berhasil menyabet gelar MVP sebab mengukir 21 poin buat Red Sparks.  

Jadi setelah mengetahui pemain voli Indonesia yang berkarier di luar negeri, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!,