Bagikan:

YOGYAKARTA - Kejuaraan downhill tingkat nasional baru saja digelar di Indonesia pada awal Oktober lalu, yang digelar di Ternadi Bike Park Kudus, Jawa Tengah. Lokasi balap sepeda gunung tersebut mendapat status terbaik di tanah air dan terdaftar dalam trek dengan kategori CI Union Cycliste Internationale (UCI). Selain lintasan tersebut, terdapat beberapa trek downhill paling menantang di Indonesia. 

Balap sepeda gunung atau downhill menjadi salah satu olahraga ekstrem yang digemari oleh banyak orang. Balap sepeda cukup menantang adrenalin karena dilakukan di jalur yang terjal dan curma. Indonesia sendiri memiliki sejumlah trek downhill karena terdapat banyak pegunungan dan perbukitan.

Jika Anda tertarik atau ingin mencoba olahraga menantang ini, ada beberapa trek downhill paling menantang di Indonesia yang perlu Anda tahu.

Trek Downhill Paling Menantang di Indonesia

Indonesia sangat mendukung penyelenggaraan downhill atau balap sepeda gunung karena banyak daerah dengan topografi pegunungan. Berikut ini beberapa lokasi downhill paling menantang di Indonesia:

Trek Downhill Jatiasih Bogor-Bekasi

Salah satu jalur downhill paling menantang yang cukup terkenal di Indonesia adalah trek Jatiasih Bogor-Bekasi. Berlokasi tidak jauh dari Jakarta, lintasan ini banyak digemari oleh para pecinta sepeda gunung. Terdapat sejumlah trek terpisah di Jatiasih yang memacu adrenalin, yaitu turunan grand canyon, turunan jembatan bambu, trek mangkok JJ, turunan pematang sawah, turunan L, tanjakan kuburan, tanjakan siku, turunan Jidat, dan turunan S.

Trek Downhill Cikole Lembang Bandung

Jalur balap sepeda gunung Cikole di Lembang menyediakan dua trek yaitu All Mountain (AM) dan Downhill Mountain (DM). Dua trek tersebut menghadirkan berbagai obstacle yang variatif sehingga cukup menantang bagi para pembalap. Trek Cikole didominasi dengan kontur tanah, bebatuan kecil, dan variasi jalan besar serta single trek. Proporsi medan yang dilalui yakni 70% turunan, 20% tanjakan, dan 10% jalan landai. 

Trek Jayagiri Lembang Bandung

Trek downhill di Jayagiri bakal membuat pembalap terengah-tengah di perjalanan awal karena langsung disambut dengan tanjakan. Namun pembalap akan disuguhi dengan pemandangan indah dan suasana menyegarkan sehingga dapat memberikan pengalaman yang seru. Jika ingin mencoba lintasan ini, sebaiknya memakai body protector karena terdapat akar-akar pohon timbul dari dalam tanah yang rawan membuat pembalap terjatuh.  

Trek Downhill Wonogondang Yogyakarta

Trek downhill Wonogondang berada di kawasan lereng Merapi sehingga bakal memberikan pengalaman balap sepeda yang seru. Lintasan downhill ini kerap menjadi venue untuk kejuaraan balap sepeda tingkat nasional dan internasional. Selain lintasan downhill, trek ini juga memiliki jalur untuk corss country. 

Trek Downhill Umbul Sidomukti Semarang

Trek balap sepeda di Umbul Sidomukti Semarang ini sering dijadikan venue untuk kejuaraan downhill nasional. Lintasan downhill ini berada di ketinggian 1.200 mdpl sehingga menyajikan medan balapan yang sangat menantang. 

Trek Downhill Cisaruni Garut

Lintasan downhill Cisaruni Bogor berlokasi di area perkebunan teh yang telah dialihkan menjadi perkebunan palawija. Jalur balap sepeda ini didominasi trek tanah dengan 90% medan perbukitan. Trek downhill ini merupakan lintasan balap sepeda gunung terpanjang di Garut dan memakan waktu kurang lebih 6 jam dengan jarak tempuh kisaran 33 kilometer. 

Trek Downhill Bukit Klemuk Batu

Trek downhill Bukit Klemuk Batu berlokasi di kawasan Bukit Songgoriti. Lintasan balap sepeda gunung ini kerap dijadikan venue untuk kejurnas. Jalur downhill ini menjadi salah satu yang paling menantang di Indonesia karena berada di kompleks lembah pegunungan Kawi dan Gunung Arjuna. 

Trek Downhill Bukit Sulap Lubuk Linggau

Pulau Sumatera juga memiliki trek downhill menantang yakni di Bukit Sulap Lubuk Linggau, Sumsel. Sejak tahun 2010, trek ini menjadi lokasi kejuaraan balap sepeda gunung yang digelar secara rutin. Bahkan lintasan downhilll ini pernah menjadi lokasi keuaraan balap sepeda gunung tingkat Asia. 

Demikianlah beberapa trek downhill paling menantang di Indonesia yang menarik dicoba bagi Anda penggemar balap sepeda gunung. Sejumlah lintasan downhill diatas dijamin bakal memicu adrenalin Anda, namun juga menghadirkan pengalaman yang mengesankan dari pemandangan indah di setiap medannya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.