Sapto Yogo Purnomo Sumbang Emas Pertama untuk Indonesia di Asian Para Games 2023
Atlet para atletik, Sapto Yogo Purnomo. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Atlet para atletik, Sapto Yogo Purnomo, berhasil mendapatkan medali emas saat turun di nomor 400 meter T37 putra. Ini merupakan emas perdana bagi kontingen Indonesia di ajang Asian Para Games 2023.

Sapto menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 54,8 detik di Stadion HSC, Senin, 23 Oktober, siang. Sapto mampu mengalahkan Apisit Taprom dari Thailand dan Thamer Ahmed Alzahrani dari Arab Saudi.

Sapto Yogo merupakan atlet para atletik yang berasal dari Purwokerto. Ia menjadi salah satu andalan Indonesia karena selain turun di nomor 400 meter, atlet 25 tahun itu juga kerap tampil di nomor 100 meter.

Sebelum meraih emas Asian Para Games, Sapto Yogo sudah lebih dulu memastikan lolos ke Paralimpiade Paris 2024 di nomor lari 100 meter T37 putra.

Selain mendulang emas perdana dari nomor para atletik pada Senin, 23 Oktober, kontingen Indonesia juga berhasil mengumpulkan medali dari beberapa cabang olahraga lainnya.

Saat ini kontingen Indonesia sudah meraih tujuh medali yang terdiri dari satu emas, dua perak, dan empat perunggu.

Dua perak dihasilkan dari cabang olahraga atletik nomor tolak peluru F20 putri atas nama Suparni Yati dan balap sepeda nomor B 3000 M Individual Pursuit atas nama Sri Sugiyanti dan Nimal Magfiroh.

Sementara empat perunggu dipersembahkan Nurfendi yang turun di balap sepeda nomor B 4000M Individual Pursuit, tim sprint para cycling di nomor Mixed C1-5 75 meter, Junaedi di cabor blind judo nomor men’s J1-60 kg dan Novita Larassati di cabor yang sama di nomor women’s J1-48 kg.