Bagikan:

YOGYAKARTA - Siapa yang tidak tahu tipe sepatu yang satu ini, mulai dari anak kecil sampai orang berusia juga tau apa serta metode kerjanya. Ya, itu merupakan sepatu roda ataupun roller skate ataupun rollerblade. Apakah Kalian tertarik untuk mempelajari teknik bermain sepatu roda?

Menurut sejarah, Di Indonesia sendiri, sepatu roda mulai masuk serta berkembang di masyarakat kurang lebih tahun pertengahan yakni 1960-an. Semenjak itu kaula muda di beberapa kota-kota besar telah mulai menggemari berolahraga sepatu roda yang sampai saat ini jadi bagian dari lifestyle. Setelah itu dibentuklah organisasi spesial bernama PERSOSI ataupun Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia pada tahun 1979. Yup, nyatanya sepatu roda merupakan salah satu cabang olahraga pula loh.

Tetapi, saat ini sepatu roda tidak cuma jadi perlengkapan buat berolahraga namun pula perlengkapan bermain anak-anak serta pelengkap kebahagiaan dalam berolahraga apalagi tamasya keluarga. Salah satunya saat banyak anak- anak ataupun keluarga bermain sepatu roda di car free day pada hari weekend ataupun libur. Badan sehat, hati juga turut bahagia.

Nah, sesuai kan untuk Kalian yang mau sehat sembari bermain bergembira. Buat kalian yang mau coba namun belum bisa, jangan takut! Ini dia step by step ataupun langkah- langkah buat si pendatang baru yang mau berlatih sepatu roda..

Teknik Bermain Sepatu Roda untuk Pemula

1. Gunakan Peralatan Sepatu Roda

  • Sepatu Roda, Gunakanlah sepatu roda Kalian sembari duduk.
  • Kaos Kaki, Dibutuhkan buat menghindari lecet-lecet pada kaki dikala berlatih sepatu roda.
  • Helm (Khusus sepatu roda), Pemakaian helm ini dimaksudkan supaya kepala Kalian senantiasa terjaga dari luka saat berupaya belajar sepatu roda.
  • Pelindung Siku serta lutut (Dekker/Protector), Pakai juga ya pelindung siku serta lutut buat menambahkan keamanan anggota badan.

2. Berlatih Keseimbangan

Untuk pendatang baru, wajib memberanikan diri buat berdiri dengan balance. Triknya dengan buka kaki Kalian selebar bahu, kemudian upayakan kaki membentuk huruf “V”.

Buat tempat belajar penyeimbang, dapat di atas rumput ataupun karpet. Perihal ini dimaksudkan apabila jatuh tidak menimbulkan luka. Berlatihlah selalu hingga postur badan balance. Keep trying!

3. Berlatih Berjalan

Sehabis Kalian dapat berdiri balance, mulai berjalan perlahan-lahan. Awal ke kanan, setelah itu ke kiri, kemudian ke kanan, serta seterusnya berlatihlah secara selalu sampai Kalian merasa nyaman “berjalan” di atas sepatu roda.

Sehabis Kalian merasa dapat, mulailah bergerak lebih cepat serta ambil langkah lebih panjang. Dorong lebih keras pada roda sehingga Kalian melaju lebih jauh pada tiap langkahnya.

4. Belajar Meluncur

Sehabis Kalian dapat berdiri balance serta berjalan, cobalah belajar meluncur. Pertama, posisi senantiasa semacam huruf “V”, setelah itu 1 kaki mendorong dengan posisi dibelakang, 1 kaki meluncur dengan posisi didepan. Cobalah perlahan-lahan sampai mudah.

Apabila perihal tersebut telah mudah, cobalah pula:

  • Berbelok Dikala Meluncur. Bila Kalian mau berbelok ke kanan, miringkan badan ke kanan, begitu pula saat mau berbelok ke kiri.
  • Meluncur Cepat. Gerakkan kaki Kalian lebih cepat serta dorong diri Kalian ke arah depan. Pakai lengan dengan menekuk siku serta memindahkannya bolak-balik semacam yang Kalian jalani saat berjalan buat menolong Kalian melindungi penyeimbang serta memperoleh kecepatan.

5. Belajar Berhenti

Kalian telah mengerti mengenai peralatan sepatu roda, metode berjalan serta meluncur, saat ini cobalah belajar berhenti. Sepatu roda sebelah kanan mempunyai rem di bagian tumit. Buat berhenti, meluncur saat sepatu roda terletak sejajar satu sama lain. Buat lebih perinci, tempatkan sepatu roda sebelah kanan sedikit di depan sepatu kiri, angkat kaki dari sepatu roda sebelah kanan, kemudian tekan keras pada tumit. Semakin tumit kaki lebih ditekan Kalian, semakin cepat pula sepatu roda berhenti.

Itu dia Langkah- langkah berlatih sepatu roda untuk pendatang baru, Oh iya, satu lagi nih terdapat 3 metode yang tidak boleh diabaikan, yakni metode dasar bermain sepatu roda, yakni:

Maju–Mundur (berjalan 5 langkah serta meluncur 1 kali)

Jangan lupa menekuk sedikit lutut kalian serta membungkukkan tubuh ataupun condong kedepan

T Stop (menyudahi dengan membentuk huruf T)

Dikala menyudahi badan serta kaki membentuk huruf T alias kaki Kalian dilebarkan kearah kanan serta kiri. Jangan lupa buat sedikit membungkukkan tubuh Kalian.

Berbelok

Dimulai posisi badan membungkuk. Sehabis kecepatan mulai turun, ganti arah kaki kalian, saat belok biarkan sepatu roda tetap meluncur. Sehabis arah Kalian pas, langkahkan lagi kaki. 

Jadi setelah mengetahui teknik bermain sepatu roda, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!