Zinedine Zidane Kembali ke Real Madrid Ketiga Kalinya?
Mantan pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. (Instagram @zidane)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Zinedine Zidane dikabarkan bakal kembali menangani Real Madrid. Bila rumor itu menjadi kenyataan, maka untuk ketiga kalinya Zidane datang lagi ke Santiago Bernabeu.

Zidane menjadi kandidat kuat menggantikan Carlo Ancelotti yang akan mengakhiri masa tugasnya tahun depan. Pelatih asal Italia ini akan menangani tim nasional Brasil yang saat ini melakoni kualifikasi Piala Dunia 2026.

Brasil sendiri ditangani pelatih sementara Fernando Diniz. Selain mengarsiteki Selecao, dirinya juga masih diizinkan melatih di klubnya, Fluminense. Diniz memang hanya ditetapkan sebagai pelatih sementara sambil menunggu kedatangan Ancelotti.

Bila eks pelatih AC Milan dan Chelsea ini hengkang, Madrid memang belum menyiapkan pengganti. Hanya, Zidane menjadi kandidat kuat dan diyakini bakal kembali untuk ketiga kalinya.

Sebelumnya, dia melatih tim senior Madrid pada 2016-2018. Sempat mundur, Zidane kembali ke Madrid musim berikutnya, yaitu 2019 sampai 2021.

Prestasi dia pun istimewa karena membawa tim tiga kali juara Liga Champions, dua kali juara La Liga Spanyol dan trofi lain seperti UEFA Super Cup, Piala Dunia antarklub, dan Supercopa de Espana.

Mantan koleganya di Madrid Jose Maria Gutierrez yng akrab disapa Guti mendukung bila mantan klubnya kembali mengajak Zidane.

Menurut dia Zidane memang paling pantas mengarsiteki Los Blancos. Apalagi, dia masih menganggur sejak meninggalkan Madrid pada 2021.

"Bila Madrid ingin meraih prestasi, menurut saya dia paling tepat. Dia merupakan pelatih terbaik di Real Madrid selama beberapa tahun belakangan," ucap Guti.

"Dia sangat mengenal klub ini. Dia juga termasuk dekat dengan Florentino [Perez, presiden klub]. Seperti halnya Anceloti, dia sosok paling tepat menangani Madrid," ujarnya.

Guti termasuk pemain yang lama bermain di Los Merengues. Dirinya merupakan jebolan akademi Madrid dan kemudian masuk tim senior pada 1995.

Guti meninggalkan Madrid pada 2010 untuk bergabung dengan Besiktas sebelum pensiun pada 2011.

Selama 15 tahun di Madrid, pemain yang menempati gelandang bertahan ini pernah bermain bersama deretan galacticos seperti Zidane, Raul Gonzalez, Luis Figo, Ronaldo, Roberto Carlos sampai David Beckham.

Menurut Guti bila gagal membawa kembali Zidane, Madrid bisa mendatangkan Xabi Alonso yang saat ini mengarsiteki Bayer Leverkusen. Sebelumnya, rumor kuat menyebutkan Alonso bakal menjadi pelatih Madrid.

Alonso yang pernah bermain di Madrid ini langsung melejit sejak menangani klub Bundesliga Jerman ini pada 2022.

Saat ini, Leverkusen menduduki puncak klasemen Bundesliga. Seperti halnya Zidane, Alonso pernah melatih akademi Madrid.

"Menurut saya Xabi Alonso juga sosok tepat melatih di Madrid," ucap Guti.