Kalahkan Luksemburg, Slovakia Berpeluang Lolos ke Euro 2024
David Duris merayakan gol yang membawa Slovakia menang 1-0 atas Luksemburg dan membuka peluang ke putaran final Euro 2024. (futbalsfz.sk)

Bagikan:

JAKARTA - Slovakia berpeluang kembali berlaga di Piala Eropa. Mereka hampir dipastikan lolos ke putaran final Euro 2024 setelah menang 1-0 atas tuan rumah Luksemburg di pertandingan kualifikasi Grup F di Stade de Luxembourg, Selasa, 17 Oktober dini hari WIB.

Slovakia mulai mengukuhkan sebagai tim medioker yang rutin berlaga di turnamen akbar. Mereka memang baru sekali berlaga di Piala Dunia sejak berpisah dari Cekoslowakia. Begitu pula The Sokoli atau juga mendapat julukan The Falcons tak pernah berlaga di Piala Eropa.

Namun pada dua gelaran terakhir Euro, Slovakia selalu ikut ambil bagian. Bahkan di Euro 2016, Slovakia yang dimotori Martin Skrtel, Marek Hamsik dan Milan Skriniar yang merupakan generasi anyar pada saat itu berhasil menembus 16 besar sebelum disingkirkan Jerman dengan skor telak 3-0.

Rutinitas bermain di Piala Eropa berlanjut saat Slovakia lolos ke Jerman. Kali ini, Skriniar yang bermain di Paris Saint-Germain menjadi salah satu senior sehingga memegang ban kapten.

Slovakia sendiri bersaing dengan Luksemburg untuk memperebutkan satu tiket lagi. Duel kedua tim di kandang Luksemburg pun menjadi penentuan.

Di laga itu, Slovakia harus bekerja keras karena butuh kemenangan. Namun Luksemburg juga ingin mencatat rekor pertama kali berlaga di Piala Eropa.

Hanya saja, harapan Luksemburg akhirnya pupus. Slovakia yang mengambil keuntungan dan mengalahkan tuan rumah lewat gol David Duris di menit 77.

Gol berawal dari assist David Hancko yang kemudian dituntaskan oleh Duris. Skor 1-0 untuk Slovakia bertahan sampai akhir laga.

Kemenangan in menjadikan Slovakia kian kukuh di peringkat dua dengan poin 16 di klasemen Grup F.

Dengan menyisakan dua pertandingan lagi, mereka butuh satu kemenangan lagi untuk mendampingi Portugal ke putaran final Euro 2024.

Sementara, Luksemburg berada di peringkat tiga dengan poin 11. Meski sulit, namun peluang Luksemburg memang belum tertutup. Mereka harus meraup kemenangan pada dua laga terakhir untuk menjaga peluang.