PP IMI Apresiasi Kesuksesan MotoGP Mandalika
Pebalap Yamaha Fabio Quartararo memacu motornya pada balapan MotoGP seri ke-15 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/10/2023). (Antara/Wahyu Putro A)

Bagikan:

JAKARTA – Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi kesuksesan rangkaian pelaksanaan MotoGP Mandalika yang berakhir Minggu 15 Oktober. Sesi lomba utama dimenangi Francesco Bagnaia, disusul Maverick Vinales dan Fabio Quartararo di posisi ketiga.

“Selain mendapatkan trofi, para rider yang berhasil naik podium menjadi juara di masing-masing kelas, yakni Moto3, Moto2 dan MotoGP, juga diberikan keris pusaka hasil karya salah satu pengerajin dari Lombok. Selama tiga hari penyelenggaraan, lebih dari 103 ribu penonton tumpah ruah memadati berbagai tempat menonton, dari mulai Tribun, Deluxe, hingga Premier Royal Box,” ujar Bamsoet dalam keterangan tertulis usai mengikuti Grid Ceremony sekaligus menyaksikan MotoGP Mandalika.

Dia menilai, selain menyaksikan keseruan balap, penonton yang datang ke sirkuit juga bisa menikmati berbagai side event menarik, seperti lelang amal merchandise bertanda tangan pebalap MotoGP, bazaar UMKM, dan fashion show.

Di sisi lain, sebelum bertarung memperebutkan gelar juara, para pebalap MotoGP terlebih dahulu diajak membersihkan pantai Kuta Mandalika dari sampah, dan melakukan penanaman terumbu karang sekaligus pesan tentang pentingnya menjaga lingkungan kepada para seluruh penggemar MotoGP di berbagai negara dunia.

“Para pebalap juga diajak melakukan pawai mengelilingi Kota Mataram, mengunjungi Kuta Lane dan Bazaar Mandalika, untuk membeli berbagai produk kesenian dan kerajinan tangan khas Lombok. Kesuksesan event MotoGP Mandalika 2023 yang tidak hanya sekadar olahraga balap, tapi membuktikan kualitas Indonesia sebagai tuan rumah motorsport dunia,” tutup Bambang Soesatyo.