Tanpa Ciro Immobile, Spalletti Siapkan <i>Tridente</i> Anyar Italia
Pemain timnas Italia menjalani latihan jelang lawan Malta dan Inggris di kualifikasi Euro 2024. (Twitter @Azzurri)

Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional Italia tanpa striker Lazio, Ciro Immobile saat melakoni dua laga krusial di kualifikasi Euro 2024. Begitu pula Federico Chiesa tak bisa tampil saat Italia melawan Malta di pertandingan Grup C di Stadion San Nicola, Minggu, 15 Oktober dini hari WIB. Pelatih Luciano Spalletti pun menyiapkan tridente anyar.

Perombakan starting line up menjadi pilihan Spalletti demi meraih tambahan poin sekaligus mengamankan posisi di Grup C. Repotnya, Spalletti tidak hanya kehilangan Immobile yang cedera dan Chiesa tetapi juga Mattia Zaccagni.

Sementara Gianluca Scamacca dan Federico Chiesa belum sepenuhnya pulih. Namun keduanya kemungkinan bisa dimainkan saat lawan Inggris di Stadion Wembley, Rabu, 18 Oktober dini hari WIB.

"Untuk kondisi Immobile, kami sudah menerima informasi dari dokter Lazio bila dia cedera dan merasa sakit. Dokter belum bisa memastikan kapan dia bisa bermain lagi," kata Spalletti.

Kehilangan Immobile dkk, Spalletti yang memakai skema 4-3-3 akan menyiapkan tridente anyar dengan Giacomo Raspadori menempati posisi sebagai centre forward. Penyerang Napoli ini akan ditopang Domenico Berardi dan Moise Kean.

Di tengah, gelandang Newcastle United, Sandro Tonali, kemungkinan duduk di bench karena Spalletti menurunkan Davide Frattesi bersama Manuel Locatelli dan Nicolo Barella.

Sementara, kiper Gianluigi Donnarumma akan dibentengi kuartet bek Matteo Darmian, Federico Dimarco, Gianluca Mancini, dan Alessandro Bastoni.

Skuat yang dipersiapkan Spalletti kemungkinan bisa berubah saat Gli Azzurri melawan Inggris. Pasalnya, Chiesa diperkirakan sudah pulih sehingga tridente pun akan berubah.

Hanya saja, pemain depan Juventus ini memang masih menjalani latihan secara terpisah dengan tim. Bila akhirnya belum bisa pulih, Spalletti terpaksa mencoretnya dari skuat yang dibawa ke Inggris.

Namun bila fit, dirinya bakal menjadi pilihan pertama Spalletti. Chiesa sendiri telah mencetak lima gol dan membuat tujuh assists selama 42 kali bermain untuk timnas Italia.