Prediksi Pertandingan Premier League Inggris 2023/2024 Arsenal Vs Manchester City: Perebutan Tahta Klasemen
Manchester City menjadi unggulan dalam big match Premier League Inggris melawan Arsenal di Stadion Emirates, Minggu, 8 Oktober. (Twitter @ManCity)

Bagikan:

JAKARTA - Perseteruan Arsenal dan Manchester City berlanjut. Laga besar di Stadion Emirates, Minggu, 8 Oktober pukul 22.30 WIB menjadi ajang perebutan tahta klasemen Premier League Inggris.

Man City sedikit diunggulkan, tetapi Arsenal termotivasi membalas kegagalan musim lalu seperti dibuktikannya di Community Shield 2013.

Laga Community Shield 2013 yang merupakan pembuka kompetisi Premier League menjadi semacam suntikan moral bagi Arsenal. Saat itu, mereka sukses menaklukkan Man City 4-1 lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1.

Manajer Mikel Arteta berharap bisa mengulangi sukses di Community Shield. Tim juga sudah melupakan kekalahan 2-1 dari Lens di Liga Champions.

Kini, Arsenal fokus mendulang poin penuh saat menjamu sang rival. Dirinya tak peduli bila Arsenal memiliki rekor buruk dalam pertemuan dengan The Citiqzens.

"Satu hal yang pasti, kami akan memberikan yang terbaik selama 100 menit. Dari itu, kami punya kesempatan [memenangkan pertandingan]," ujar Arteta.

"Namun pada akhirnya semua itu bergantung kepada pemain. Mereka yang bisa membuat Anda terkejut," ucapnya lagi.

Duel ini akan menjadi ajang perebutan tahta klasemen, siapa pun yang berada di posisi itu. Pasalnya, Man City yang saat ini menduduki posisi puncak kemungkinan sudah digeser oleh Tottenham Hotspur atau Liverpool bila memenangkan pertandingan sehari sebelumnya.

Saat ini, Man City mengantungi poin 18. Mereka masih unggul satu poin dari Arsenal yang menduduki peringkat tiga. Ini menjadikan big match tersebut sebagai perebutan posisi puncak.

Arsenal sesungguhnya memiliki modal bagus karena mereka memiliki rekor tak terkalahkan. Rekor itu memang terhenti di Liga Champions. Namun The Gunners belum pernah sekalipun menelan kekalahan di kompetisi domestik.

Selain itu, Arteta bisa menurunkan skuat terbaik. Bahkan pemain sayap Bukayo Saka pun berpeluang tampil bila dinyatakan fit seteah mengalami cedera di laga melawan Lens.

Saka memang masih menjadi pertimbangan karena Arteta kemungkinan menurunkan Edward Nketiah yang ditopang Gabriel Jesus dan Fabio Vieira yang menggantikan posisi Saka. Sementara di tengah Martin Odegaard akan bahu-membahu dengan Declan Rice.

Persoalannya performa Arsenal kurang meyakinkan bila bermain di kandang. Dari empat laga home, mereka hanya dua kali menang saat menaklukkan Nottingham Forest 2-1 dan Manchester United 3-1.

Sebaliknya ada dua laga lain yang kebetulan menghadapi tim-tim sesama London, Fulham dan Tottenham, mereka gagal menang. Fulham sukses mencuri poin setelah bermain 2-2. Begitu pula Tottenham yang merupakan tim tetangga sebelah memaksakan imbang dengan skor sama.

Sementara Man City masih on fire meski kehilangan gelandang andalan Kevin De Bruyne. Kemenangan atas RB Leipzig 3-1 di Liga Champions memantapkan posisi mereka di puncak klasemen grup sekaligus menjadi modal berharga sebelum meladeni Arsenal.

Hanya saja, Man City justru mengalami penurunan di kompetisi domestik. Mereka tersingkir di Carabao setelah dipaksa menyerah 1-0 oleh Newcastle United. Hasil buruk berlanjut di liga saat The Cityzens harus mengakui keunggulan Wolverhampton Wanderers 2-1.

Kekalahan dari Wolves menjadi noda bagi Man City karena ini yang pertama di kompetisi domestik. Hasil tersebut menjadikan persaingan memperebutkan posisi puncak kembali ketat karena Man City hanya unggul satu atau dua poin dari pesaingnya.

Manajer Pep Guardiola pun tak melakukan banyak perubahan pada skuat. Selain De Bruyne, bek John Stones tidak akan diturunkan meski mendapat panggilan timnas Inggris. Sedangkan gelandang Rodri menjalani larangan bermain.

Bintang muda Rico Lewis yang bermain cukup mengesankan saat lawan Leipzig bakal menjadi pilihan pertama. Striker Erling Haaland pun menempati posisi centre forward yang ditopang Phil Foden, Julian Alvarez dan Jeremy Doku.

Meski bermain di kandang lawan, Man City tetap menempati unggulan. Namun Arsenal tetap memiliki kesempatan untuk membuat Man City kembali kehilangan poin dua kali berturut-turut.

Prakiraan Susunan Pemain

Arsenal (4-3-3): Raya; White, Saliba, Gabriel, Zinchenko; Odegaard, Rice, Partey; Vieira, Nketiah, Jesus

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Walker, Dias, Akanji, Gvardiol; Lewis, Kovacic; Foden, Alvarez, Doku; Haaland

Terkait