Barcelona Kalahkan Porto, Lamine Yamal Cetak Rekor Pemain Termuda di Liga Champions
Barcelona saat menghadapi tuan rumah Porto di pertandingan Liga Champions. Barca menang 1-0 lewat gol Ferran Torres. (Twitter @FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Barcelona harus bekerja keras sebelum mengalahkan Porto. Melakon laga tandang Grup H Liga Champions di Stadon do Dragao, Kamis, 5 Oktober dini hari WIB, Barca menang tipis 1-0. Di laga itu, Lamine Yamal mencetak rekor sebagai pemain termuda yang menjadi starter di Liga Champions.

Pelatih Barca Xavi Hernandez menurunkan Yamal sejak menit pertama. Di usianya yang masih 16 tahun 83 hari, dirinya pun membuat rekor sebagai pemain termuda. Sebelumnya dia juga mengukuhkan sebagai pemain termuda yang bermain di Barca sejak musim lalu.

Rekor berikutnya tak lain saat Yamal mencetak gol saat memperkuat tim nasional Spanyol di kualifikasi Piala Eropa. Dia pun menjadi pemain termuda yang bermain untuk timnas sekaligus pencetak gol.

Yamal pun menunjukkan kematangan mental saat menghadapi Porto yang menjadi lawan tak mudah bagi Barca. Bahkan Porto menunjukkan dominasinya atas Barca, terutama di babak kedua.

Di pertandingan itu, Barca mendapat pukulan berat saat striker andalan Robert Lewandowski mengalami cedera engkel akibat ditekel bek Porto David Carmo. Striker timnas Polandia ini masih bisa melanjutkan permainan meski akhirnya ditarik keluar di pertengahan babak pertama.

Posisinya digantikan Torres yang justru menjadi penentu kemenangan Blaugrana. Ya, Torres mencetak satu-satunya gol pada injury time babak pertama.

Gol berawal dari kesalahan gelandang Romario Baro yang memberikan umpan kepada rekannya di belakang. Hanya bola itu kemudian bisa diserobot Ilkay Gundogan yang kemudian memberikannya kepada Torres.

Dia pun menuntaskannya menjadi gol. Skor 1-0 untuk Barca yang bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Porto bermain lebih agresif demi menyamakan skor. Mereka pun lebih menguasai permainan. Sayangnya, upaya tuan rumah mencetak gol ke gawang Barca tak pernah membuahkan hasil.

Barca sendiri akhirnya bermain dengan 10 orang setelah Gavi mendapat kartu kuning kedua yang disusul dengan kartu merah pada injury time. Meski demikian skor 1-0 pun tak berubah sampai akhir laga.

Hasil itu menjadikan Barca kian kukuh di puncak klasemen dengan poin enam. Di laga sebelumnya, mereka menang telak 5-0 atas Royal Antwerp.

Sedangkan Porto yang memiliki poin tiga menduduki peringkat dua. Perolehan poin Porto sama dengan Shakhtar Donetsk yang mengalahkan Antwerp 3-2. Namun Porto unggul selisih gol.