Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-24 tersingkir di babak 16 besar Asian Games 2023, Kamis, 28 September. Skuad Garuda Muda kalah 0-2 dari Uzbekistan melalui babak perpanjangan waktu.

Indonesia sebenarnya mampu menahan imbang Uzbekistan tanpa gol hingga waktu normal usai. Namun mereka harus kemasukan gol Sherhod Esanov yang diawali tendangan sudut pada menit ke-92, sebelum pemain yang sama menggandakan keunggulan Uzbekistan pada menit ke-120.

Saat masih tertinggal 0-1, Indonesia sebenarnya sempat mencetak gol balasan, namun kemudian dianulir karena offside. Pelatih Indra Sjafri pun menyayangkan hal ini,

"Sebenarnya kami tidak tahu kenapa gol yang tadi dianulir oleh wasit, apakah memang offside. Tentu di ajang sebesar ini perlu ada VAR untuk bisa benar-benar valid offside atau tidak offside," ujar Indra seperti dikutip dari Antara.

Mantan pelatih Bali United itu kemudian menyoroti kelengahan anak asuhnya dalam mengantisipasi bola mati. Ini bukan kali pertama, Timnas U-24 mengalaminya.

"Sebenarnya mereka juga sulit membongkar compact defence kami, tapi lagi-lagi kami kebobolan dari set piece, dan sama dengan pertandingan lawan Taiwan, Korea Utara, kami juga kebobolan dari set piece," tuturnya.

"Dan ini mungkin yang menjadi PR kami, tidak hanya di Asian Games tapi juga tim-tim lain yang harus kami perhatikan," tambahnya.

Indra mengatakan, timnya telah bermain secara disiplin sebelum gol terjadi. Dia juga menyebut, anak asuhnya telah menjalankan apa yang tim pelatih inginkan

"Fokus, jaga setiap pergerakan dari pemain UZbekistan. Namun di sepak bola memang kadang kala ada kesalahan dan itu secara baik dimanfaatkan oleh Uzbekistan," ucap pelatih yang membawa Timnas U-23 memenangi medali emas SEA Games 2023 tersebut.