Bagikan:

JAKARTA – Jay Idzes resmi masuk calon pemain naturalisasi baru untuk Timnas Indonesia. Proses naturalisasi untuk pemain 23 tahun itu pun mulai dilakukan.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir sudah membawa sang pemain tersebut ke Indonesia. Pertemuan keduanya pun diunggah Erick dalam akun Instagram pribadinya, Rabu, 6 September 2023.

"Hari ini saya mengumumkan bahwa Jay Idzes akan kita proses untuk memperkuat Merah Putih di ajang internasiona untuk Garuda Mendunia," kata Erick dalam keterangan tertulis.

Idzes diplot untuk memperkuat timnas Indonesia di sejumlah ajang senior. Saat ini pemain bertahan asal Belanda itu sedang memperkuat klub Liga Italia yang bermain di Serie B, Venezia

Musim lalu, pemain ini adalah andalan tim Go Ahead Eagles yang finis  di posisi 11 Eredivisie, Liga Belanda.

Meskipun dibidik oleh tim nasional Belanda, tetapi Idzes justru memilih peluang bergabung dengan Indonesia. Dia mengambil opsi terakhir karena lebih memungkinkannya bermain rutin di level negara.

"Idzes masih berusia 23 tahun. Kariernya sedang menuju puncak. Jadi, pemain ini adalah pemain yang sangat potensial menambah kekuatan timnas kita," kata Erick.

Idzes merupakan pemain kelahiran Mierlo, Belanda pada 2 Juni 2000. Dia memiliki darah keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya.

Sejak usia tujuh tahun dis sudah bermain sepak bola. Awal karier sepak bolanya dimulai ketika dia bergabung dengan salah satu klub amatir, SC Brabant, di Mierlo.

Dia bermain selama 1,5 tahun di tim itu sebelum pada usia sembilan tahun dilirik oleh talent scouting dari PSV Eindhoven. Ia kemudian berlatih di akademi PSV selama lima tahun.

Setelah itu, ia bergabung dengan Akademi VVV-Venlo & Helmodsports pada 2014. Di sana dia bertahan selama dua tahun lalu bergabung dengan klub Eerste Divisie, FC Eindhoven, dan bermain di tim akademi junior.

Idzes pun mulai dibutuhkan oleh tim utama FC Eindhoven setelah dua tahun mengasah kemampuan di tim junior. Di utama klub itu dia total mencatatkan 57 penampilan.

Ia kemudian pindah ke Go Ahead Eagles hingga awal musim 2023. Setelah itu, pemain berusia 23 tahun tersebut pindah ke Liga Italia untuk bergabung dengan Venezia dengan durasi kontrak hingga 2027.