Jamu Manchester United, Arsenal Kehilangan Thomas Partey
Gelandang milik Arsenal, Thomas Partey harus absen saat timnya menjamu Manchester United di Stadion Emirates, London pada Minggu malam 3 September 2023. (The Sun)

Bagikan:

JAKARTA – Jelang laga kontra Manchester United di Stadion Emirates pada Minggu malam 3 September 2023, Arsenal mendapat kabar buruk. Gelandang serba bisa mereka, Thomas Partey dipastikan absen karena mengalami cedera pangkal paha. Kabar buruk ini muncul kurang dari 24 jam sebelum laga big match Liga Inggris tersebut digelar.

Pemain berusia 30 tahun itu tetap menjadi pemain reguler Mikel Arteta sejak musim 2023-2024 dimulai, meski sempat diterpa rumor ketertarikan dari Juventus dan klub-klub Arab Saudi.

Partey telah memulai ketiga pertandingan Arsenal di Liga Premier Inggris sebagai bek kanan, meskipun ia hanya bertahan 56 menit dalam hasil imbang 2-2 akhir pekan lalu di kandang Fulham. Namun, pergantian sang gelandang oleh Oleksandr Zinchenko bersifat taktis, dan ia terlihat berlatih penuh bersama rekan satu timnya awal pekan ini.

Arteta juga tidak melaporkan kekhawatiran terhadap cederanya pada Partey selama konferensi pers pra-pertandingan hari Jumat, tetapi dia adalah pemain yang absen dari skuad Ghana untuk kualifikasi Piala Afrika mendatang dengan Republik Afrika Tengah.

Pernyataan dari FA Ghana mengonfirmasi bahwa Partey mengalami masalah dalam latihan, yang disampaikan oleh Arsenal kepada mereka, meski The Gunners belum memberikan kabar terbaru secara resmi.

“Pemain andalan Arsenal, Thomas Partey tidak dimasukkan dalam skuad karena cedera. Menurut klubnya, pemain tersebut mengalami cedera saat latihan dan mungkin harus absen untuk sementara waktu, namun tim medis Black Stars sedang memantau situasinya,” demikian pernyataan resmi dari FA Ghana.

Desas-desus mulai beredar di media sosial bahwa Partey mungkin akan absen selama beberapa bulan, tetapi dalam perkembangan selanjutnya, dokter tim Ghana, Pangeran Pambo menyatakan bahwa mantan pemain Atletico Madrid itu hanya akan absen selama beberapa minggu.

“Dia mengalami cedera pangkal paha saat latihan pada Kamis (31/8). Dia saat ini tidak bisa bermain karena dokter klub memperkirakan dia kemungkinan akan absen selama beberapa minggu,” kata Pambo.

Dengan absennya pemain berusia 30 tahun itu, Ben White menjadi kandidat yang paling mungkin untuk kembali ke posisi bek kanan, karena Jurrien Timber harus absen jangka panjang akibat cedera ACL yang dialaminya.

Mikel Arteta juga bisa berharap pada bek asal Jepang, Takehiro Tomiyasu yang telah kembali dari larangan satu pertandingan. Di sisi lain, absennya Thomas Partey membuat lini tengah Arsenal kembali berharap pada trio Declan Rice, Martin Odegaard dan Kai Havertz.