Pola Langkah Pencak Silat Lengkap dengan Kuda-kudanya
Ilustrasi pencak silat (Dok NOC Indonesia)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ada banyak pola langkah pencak silat yang harus dikuasai oleh pemula. Hal itu penting dilakukan untuk menyempurnakan teknik bela diri pencak silat sehingga dapat melumpuhkan lawan dalam pertandingan atau dalam pertandingan latihan.

Pola Langkah Pencak Silat

Pada buku Pencak Silat (2015), gerak langkah merupakan perubahan injakan kaki yang dilakukan oleh atlet dari satu tempat menuju tempat lain. Pola langkah juga bisa dipahami sebagai cara berjalan untuk mendekati maupun menjauh dari lawan.

Pola langkah termasuk teknik dasar yang ada pada pencak silat. Dalam emodul.kemdikbud.go.id, ada enam pola langkah yakni sebagai berikut.

  1. Langkah Lurus

Pola langkah lurus pencak silat adalah teknik saat seorang atlet melakukan gerak langkah untuk mencipta garis lurus. Pola langkah ini bisa dilakukan untuk maju maupun mundur.

  1. Langkah Zig-Zag

Seperti namanya, pola langkah ini berupa zig-zag yakni dilakukan dengan gerak langkah seperti mata gergaji. Saat melakukannya, atlet melakukan sikap pasang lebih dulu, lalu membentuk pola langkah menyerong.

  1. Langkah Huruf “S”

Pola langkah ini menggabungkan tiga teknik kuda-kuda hingga menyerupai huruf S. Adapun kuda-kuda yang dimaksud adalah kuda-kuda samping, belakang, dan tengah. Atlet harus berdiri di posisi titik ke arah target, lalu kaki kanan digeser ke arah berat badan yang ditumpu kaki kanan, lalu disusul kaki kiri.

  1. Langkah Huruf “U”

Seperti namanya, pola langkah ini berbentuk seperti huruf “U”, namun ada pula yang menyebutnya langkah ladam.

  1. Langkah Segitiga

Atlet akan bergerak dan melangkah seperti membentuk bidang segi tiga. Teknik ini biasanya dilakukan dengan menggabungkan dua kuda-kuda yakni depan dan tengah.

  1. Langkah Segi Empat

Pola langkah ini menggabungkan kuda-kuda depan dan tengah. Meski mirip dengan pola langkah segitiga, langkah segi empat dilakukan dengan kuda-kuda depan dulu. Setelahnya atlet bergerak maju pada sikap kuda-kuda tengah dan baru bisa terbentuk pola langkah segi empat.

Fungsi Gerakan Langkah Pencak Silat

Seperti disinggung sebelumnya, gerakan langkah dalam pencak silat jadi dasar tumpuan agar saat berdiri lebih kuat dan kokoh. Tak hanya itu, gerakan langkah jadi dasar saat pembelaan dan serangan. Gerakan langkah juga jadi dasar saat atlet menempatkan diri di posisi yang kuat sekaligus menguntungkan.

Kuda-kuda dalam Pencak Silat

Dalam pola langkah, mengetahui kuda-kuda juga penting untuk diketahui karena menjadi bagian dari pola langkah. Berikut ini beberapa kuda-kuda yang wajib diketahui.

  1. Kuda-kuda Tengah

Cara melakukan kuda-kuda ini adalah dengan melebarkan dua kaki sejajar bahu, berat badan ditopang merata pada kaki. Sedangkan posisi dua telapak kaki membentuk sudut 30 derajat.

  1. Kuda-kuda Depan

Caranya adalah dengan menempatkan salah satu kaki di depan dan kaki lain di belakang, berat badan ditopangkan pada kaki depan. Posisi dua telapak kaki membentuk sudut 90 derajat.

  1. Kuda-kuda Samping

Memposisikan kaki melebar sejajar dengan tubuh, sedangkan berat badan ditopang satu kaki yang menekuk. Posisi kedua telapak kaki sejajar hingga membentuk sudut 60 derajat.

Itulah informasi terkait pola langkah pencak silat. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.