6 Teknik Kuda Kuda dalam Pencak Silat, Lengkap dengan Pengertian, Manfaat, Cara Melakukan, dan Fungsinya
Ilustrasi silat (unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setiap ilmu bela diri memiliki kuda kuda sebagai gerakan dasarnya termasuk pencak silat. Seni bela diri yang populer di Indonesia ini juga mengembangkan jurus dengan kuda kuda. Ada beberapa teknik kuda kuda dalam pencak silat. Untuk lebih memahami teknik dasar pencak silat ini, simak rangkuman berikut ini.

Pengertian Teknik Kuda Kuda dalam Pencak Silat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kuda kuda adalah sikap siaga (dalam bela diri) dengan posisi kaki dan tubuh yang siap menerima serangan.

Secara bahasa, istilah “kuda kuda” berasal dari kata “kuda”, hewan yang jadi tunggangan. Teknik ini mengacu pada posisi penunggang kuda yang sedikit menekukkan lutut lalu pantat sedikit ke bawah.

Dalam pencak silat, kuda kuda adalah teknik dasar yang harus dipelajari oleh pesilat pemula dan harus dikuasai oleh pesilat senior. Teknik ini membantu menjaga keseimbangan tubuh sehingga saat dalam pertandingan dan pertarungan, atlet tidak mudah dijatuhkan lawan.

Manfaat Teknik Kuda Kuda

Secara umum teknik kuda kuda melibatkan posisi kaki, tangan, dan tubuh. Manfaatnya juga beragam  yakni sebagai berikut.

  1. Keseimbangan

Kuda kuda melatih agar tubuh bisa seimbang, sehingga dalam pertarungan dengan beragam gerakan, petarung tidak mudah terjatuh.

  1. Memperkuat Otot Kaki

Saat belajar kuda kuda ada banyak latihan yang harus dilakukan. Hal tersebut melatih memperkuat otot kaki sehingga kaki bisa digunakan untuk serangan dan tahan serangan.

  1. Melancarkan Perlawanan dan Pertahanan

Teknik kuda kuda juga sebagai bentuk perlawanan dalam pertarungan sekaligus bentuk pertahanan dari serangan lawan. Pukulan atau tangkisan akan lebih mudah dilakukan saat dalam keadaan kuda kuda atau saat siap.

Daftar Teknik Kuda Kuda

Setidaknya ada enam teknik kuda kuda dalam pencak silat dan semuanya harus dipelajari serta dikuasai oleh pelajar bela diri ini, yakni sebagai berikut.

  1. Kuda-kuda Depan

Fungsi kuda kuda depan beragam. Namun biasanya digunakan untuk melakukan serangan ke lawan secara langsung.

Cara melakukan kuda-kuda depan dalam pencak silat adalah dengan memposisikan kaki kanan ke depan, sedangkan kaki kiri di belakang. Kedua kaki berada di satu garis lurus depan-belakang. Setelah itu tekuk kaki depan karena tumpuan badan akan menggunakan kaki kanan. Kaki kiri juga sedikit ditekuk untuk menjaga keseimbangan.

  1. Kuda Kuda Samping

Manfaat kuda kuda samping adalah agar pesilat bisa melancarkan serangan berputar ke arah lawan, sehingga akan lebih mudah waspada dengan gerakan lawan yang tak terantisipasi.

Cara melakukan kuda kuda samping pencak silat adalah dengan membuka kaki selebar bahu, tekuk salah satu kaki yang dinilai paling kuat. Sedangkan kaki lain sedikit lurus namun kedua kaki harus sejajar. Tumpuan berat badan ada pada kaki yang ditekuk.

  1. Kuda-Kuda Tengah

Fungsi kuda kuda tengah dalam pencak silat adalah agar pesilat tidak mudah didorong dari depan. Teknik ini juga dilakuakan untuk mengantisipasi serangan dari depan .

Cara melakukan kuda kuda tengah adalah dengan menekuk dua kaki hingga membentuk sudut 90 derajat. Berat badan ditumpukan pada dua kaki yang tertekuk.

  1. Kuda-Kuda Belakang

Sama dengan kuda kuda tengah, fungsi kuda kuda belakang juga untuk menahan atau menangkis serangan dari depan.

Cara melakukan kuda kuda belakang adalah dengan letakkan kaki kanan di depan sedangkan kaki kiri di belakang dalam satu garis lurus. Kaki kiri sedikit ditekuk, sedang kaki kanan sedikit diluruskan. Berat badan ditumpukan pada kaki kiri.

  1. Kuda-Kuda Silang Depan

Teknik ini adalah kombinasi kuda kuda depan dan samping. Dilakukan dengan satu kaki ke depan dan sedikit ditekuk, lalu kaki satunya ke arah kaki lain sehingga sekilas terbentuklah silang depan. Tumpuan badan ada di kaki yang ditekuk di depan.

  1. Kuda-kuda Silang Belakang

Teknik ini adalah mirip dengan kuda kuda silang depan. Namun, tumpuan badan ditopangkan pada satu kaki, sedangkan kaki lainnya tidak menopang beban. Biasanya teknik ini digunakan untuk melancarkan serangan kaki ke arah tubuh bagian atas lawan.

Itulah informasi terkait teknik kuda kuda dalam pencak silat. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.