Belajar Sikap Kuda-kuda dalam Pencak Silat, 6 Gerakan dan Fungsinya
Pencak silat menyumbang medali emas ketiga kontingen Indonesia di ajang SEA Games 2021. (Foto. Dok NOC Indonesia)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pencak silat adalah olahraga beladiri asli Indonesia. Banyak atlet-atlet pencak silat tanah air telah berhasil menorehkan prestasi di kancah internasional. Sampai saat ini banyak anak-anak muda yang belajar pencak silat. Sikap kuda-kuda dalam pencak silat harus dipelajari oleh anggota baru. 

Sikap kuda-kuda merupakan salah satu teknik dasar dalam pencak silat. Anggota baru pencak silat wajib untuk belajar dan menguasai teknik ini. Sikap ini digunakan untuk membangun kefokusan dan gerakan defensif. Sikap kuda-kuda membantu memperkuat keseimbangan tubuh saat menyerang atau menendang lawan. 

Berikut ini tips sikap kuda-kuda dalam pencak silat yang harus dipelajari dan dikuasai oleh anggota baru.

6 Sikap Kuda-kuda dalam Pencak Silat 

Sikap kuda-kuda dalam pencak silat terdiri dari 6 bentuk posisi. Tiap sikap kuda-kuda memiliki dan teknik yang berbeda, serta untuk melakukan gerakan yang berbeda.

kuda kuda depan

Posisi keseimbangan yang paling sering digunakan adalah kuda-kuda depan. Untuk membentuk posisi kuda-kuda depan, letakkan posisi kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Posisi kedua kaki berada dalam satu garis lurus sejajar. 

Selanjutnya, kaki depan di tekuk dan tumpuan badan dipindahkan ke kaki tersebut. Sementara itu, kaki belakang ditekuk sedikit untuk menjaga keseimbangan. Posisi kuda-kuda ini membentuk sudut sekitar 30 derajat. Posisi ini biasanya digunakan untuk melakukan serangan langsung ke lawan.

Kuda-Kuda Samping

Sikap kuda-kuda samping dalam pencak silat yang digunakan untuk melakukan serangan berputar. Ketika menggunakan posisi ini, anda akan lebih mudah meningkatkan kekuatan dari satu sisi. 

Untuk membentuk posisi kuda-kuda samping, mulailah dengan membuka kaki selebar bahu. Posisi kedua kaki harus sejajar satu garis lurus. Salah satu kaki yang paling kokoh atau dominan kemudian ditekuk. Bebankan seluruh berat badan pada kaki yang ditekuk. Badan akan condong ke kaki tumpuan tersebut. 

Kuda-Kuda Tengah

Sikap kuda-kuda tengah hampir mirip dengan kuda-kuda samping. Perbedaannya adalah sikap kuda-kuda tengah harus menekuk kedua kaki. Kedua kaki ini membentuk sudut 90 derajat.

Kuda-kuda tengah menyanngga beban badan menggunakan kedua kaki. Posisi ini umumnya digunakan untuk menahan serangan lawan yang datang dari depan, sehingga Anda tidak mudah terpental atau terdorong ke belakang.

kuda kuda belakang

Sikap kuda-kuda berlawanan dengan posisi kuda-kuda depan. Jika kuda-kuda depan yang ditekuk adalah kaki depan, sedangkan kuda-kuda belakang yang ditekuk adalah kaki belakang. Posisi ini digunakan untuk menahan serangan dari depan.

Untuk membentuk sikap kuda-kuda depan, letakkan kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Pastikan posisi kedua kaki dalam satu garis lurus. Kemudian kaki belakang ditekuk dan kaki depan diluruskan. Tumpuan beban tubuh ada di kaki belakang.

Kuda-Kuda Silang Depan

Sikap kuda-kuda silang adalah gabungan dari kuda-kuda depan dan samping. Untuk membentuk posisi ini, letakkan salah satu kaki di depan. Kaki depan ditekuk untuk menjadi tumpuan beban badan. Kaki yang satunya diletakkan melawan arah kaki sebelumnya.

Kuda-Kuda Silang Belakang

Sikap kuda-kuda silang belakang adalah posisi kebalikan dari kuda-kuda silang depan. Untuk membentuk posisi kuda-kuda belakang, satu kaki diletakkan di belakang dengan posisi menyilang. Tumpuan beban tubuh ditopang oleh kaki di belakang. Badan harus tetap lurus agar tidak jatuh saat melakukan gerakan tersebut. 

Itu tadi macam-macam sikap kuda-kuda dalam pencak silat. Untuk melakukan sikap kuda-kuda, Anda perlu melakukan latihan secara rutin. Jangan lupa untuk meminta bimbingan dari pelatih atau mentor. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.