Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-17 kalah tipis dari Korea Selatan U-17 dalam laga uji coba di Stadion Patriot, Bekasi. Laga ini diwarnai kegagalan lawan Garuda Muda yang berstatus runner up Piala Asia U-17 2023 itu.

Tensi tinggi terjadi sejak menit awal laga berlangsung. Bahkan Korea Selatan U-17 berusaha mendominasi laga dengan serangan.

Namun pertahanan Timnas Indonesia untuk menghalangi tim tamu mencetak gol patut diapresiasi.

Beberapa kali kemelut terjadi di hadapan gawang skuad Garuda Asia, tapi itu berhasil diatasi dan bahkan beberapa peluang juga tercipta bagi timnas Indonesia U-17.

Meski Korea Selatan U-17 tampil lebih menekan lewat aksi Kim Myeong Jun dkk, namun timnas Indonesia U-17 berhasil menampilkan permainan berkelas. Terbukti dari skor 0-0 yang bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, semangat Timnas Indonesia U-17 terlihat semakin berkobar dengan masuknya Arkhan Kaka dan Krisna yang menggantikan Aulia dan Givary. 

Dengan permainan yang lebih terbuka, Timnas Indonesia U-17 tampil dibayangi dengan risiko kebobolan. Ketakutan itu nyatanya menjadi kenyataan, gawang Indonesia lebih dulu kebobolan di menit ke-65. 

Tendangan Baek Ga On ke arah gawang tak bisa dibendung Ikram Al Giffari yang mencoba memotong umpan silang. 

Pada menit ke-79 peluang kembali berpihak pada Korea Selatan U-17 yang mendapatkan hadiah penalti. Beruntung bola yang ditendang pemain muda Negeri Gingseng hanya mengenai mistar gawang. 

Setelah satu angka bersarang ke gawang timnas, para skuad asuhan Bima Sakti jelas terpacu untuk membalikan serangan. Namun upaya mereka belu berbuah manis karena wasit lebih dulu meniup peluit akhir laga sebelum kedudukan berubah.

Skor 0-1 yang diterima Timnas Indonesia U-17 menjadi kekalahan ketiga yang dialami tim selama agenda uji coba internasional. Sebelumnya mereka kalah dari Barcelona Juvenil A dan Kashima Antlers.

Uji coba yang dilakukan timnas U-17 ini merupakan persiapan sebelum tampil di Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di Indonesia November mendatang. Setelah tiga kekalahan ini tim asuhan Bima Sakti masih melanjutkan pemusatan latihan (TC) di Jerman. 

Susunan Pemain: 

Indonesia U-17 (4-2-3-1): Ikram Al Giffari (PG); Habil Abdillah, Iqbal Gwijangge, Rizdjar Nurviat, Sulthan Zaky; Figo Dennis, Ji Da Bin; Givary Lotra, Risky Afrisal, Aulia Rahman; Kafiatur Rizky

Korea Selatan U-17 (4-3-3): Hong Seongmin (PG); Kim Yugeon, Lee Changwoo, Seo Jeonghyeok, You Minjun; Cha Jehoon, Jin Taeho, Kim Hyunmin; Kim Myeongjun, Lee Sangmin, Yoon Doyong.