Gagal Dapatkan 2 Buruan, Liverpool Datangkan Gelandang Jepang Wataru Endo, <i>Panic Buying</i>?
Pemain Jepang Wataru Endo dibeli oleh Liverpool. (Foto: INSTAGRAM/Wataru Endo)

Bagikan:

JAKARTA – Liverpool resmi mendatangkan gelandang Jepang Wataru Endo dari Stuttgart. Pemain berusia 30 tahun ini menyetujui kontrak berdurasi empat tahun.

The Reds mengumumkan pembelian ini pada Jumat, 18 Agustus 2023. Mereka mendapatkan tanda tangan sang pemain dengan biaya sekitar 16.2 juta pound atau setara Rp316 miliar.

"Liverpool menyetujui kesepakatan perekrutan Wataru Endo dari VfB Stuttgart dengan kontrak jangka panjang, meliputi izin internasional dan izin kerja," demikian bunyi pernyataan Liverpool.

Endo merupakan pembelian panik yang dilakukan Liverpool setelah sebelum gagal memburu pemain internasional Ekuador Moises Caicedo dan gelandang Belgia Romeo Lavia. Kedua nama ini justru merapat ke Chelsea.

Endo didatangkan dengan tujuan untuk dimainkan sebagai gelandang bertahan sekalipun dia memiliki kemampuan bermain sebagai bek tengah.

Posisi gelandang Liverpool saat ini memang tengah bolong setelah kepergian Fabinho, Jordan Henderson, James Milner, Naby Keita, dan Alex Oxlade-Chamberlain pada musim panas ini.

"Rasanya luar biasa. Selalu menjadi mimpi untuk bermain di Premier League dan bersama salah satu klub terbesar di dunia. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi saya," ujar Endo, dilansir BBC Sport.

Endo, yang memiliki 50 caps untuk Jepang, bergabung dengan Stuttgart awalnya dengan status pinjaman selama satu musim pada tahun 2019 dari klub Belgia Sint-Truiden. Kesepakatan itu dipermanenkan setahun kemudian.

Endo adalah pembeli ketiga Liverpool di musim ini. Klub yang bermarkas di Anfield itu sebelumnya telah mendapatkan Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai.