Mengenal Jenis Olahraga Berkuda yang Diperlombakan
Ilustrasi olahraga berkuda (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa olahraga berkuda memiliki beberapa jenis. Tiap jenis olahraga tersebut memiliki olimpiadenya masing-masing. Jenis olahraga berkuda sendiri mulai dari yang ringan, elegan, hingga ekstrem.

Artikel berikut ini akan memberikan informasi tentang olahraga berkuda yang ada di dunia selama berabad-abad lamanya.

Mengenal Jenis Olahraga Berkuda

Seperti namanya, berkuda adalah salah satu jenis olahraga yang memperlihatkan keterampilan seseorang dalam menunggangi hewan kuda. Keterampilan tersebut bisa berupa menunggang, mengendarai, melompat, hingga berlari dengan kuda.

Meski terlihat mudah olahraga berkuda membutuhkan keterampilan hingga koordinasi yang baik antara penunggang dan kuda yang ditunggangi. Atlet harus tahu teknik dasar olahraga berkuda.

Meski olahraga ini melibatkan kuda sebagai hewan tunggangan, ada beberapa jenis olahraga berkuda yang saat ini ada yakni sebagai berikut.

  1. TECEss

Olahraga berkuda dressage mengharuskan atlet untuk menjaga keseimbangan secara elegan dan tetap terkontrol. Jenis olahraga ini masuk sebagai seni berkuda. Penunggang harus bisa mengontrol kuda untuk melakukan beberapa gerakan seperti jalan, lari, hingga melompat. Atlet juga membutuhkan ketangkasan fisik, konsentrasi, dan intuisi yang baik dengan kudanya.

  1. Lompat Rintangan

Jenis olahraga berkuda lompat rintangan cukup populer di masyarakat. Olahraga jenis ini berupa menunggang kuda sambil berlari dan melompati beberapa rintangan. Dalam praktiknya, penunggang kuda harus bisa mempertahankan kecepatan, kelincahan, dan ketepatan kuda dalam melewati rintangan yang tinggi.

  1. Pacuan Kuda

Pacuan kuda juga sering diadakan di Indonesia, biasanya dalam bentuk karnaval atau perlombaan biasa. Pacuan kuda menekankan pada kecepatan, ketangkasan, dan konsentrasi penunggang kuda saat di lintasan balap. Perlombaan pacuan kuda sendiri memiliki beberapa varian seperti pacuan jarak pendek (sprint), pacuan jarak jauh (stayer), pacuan lintas rintangan (hurdle) hingga pacuan dengan rintangan tinggi (steeplechase).

  1. Polo

Di Indonesia, olahraga berkuda polo memang tak sepopuler pacuan kuda. Olahraga ini dianggap sebagai olahraga elit karena dalam praktiknya membutuhkan banyak biaya seperti biaya pelatihan, perawatan kuda, dan sebagainya. Olahraga ini dilakukan dengan melibatkan dua tim, masing-masing empat penunggang dan kuda.

Pemain harus memukul bola dengan tongkat panjang mallet untuk diarahkan ke gawang lawang. Ukuran lapangan yang dibutuhkan adalah 270 meter x 150 meter. Selama permainan berjalan, pemain harus memukul bola sambil mengendarai kuda tunggangan. Artinya atlet harus bisa mengendalikan kuda sekaligus konsentrasi ke arah bola.

  1. Rodeo

Rodeo adalah olahraga yang mempertandingkan keterampilan seseorang dalam menangkap sapi sambil menunggang kuda. Penangkapan sendiri dilakukan dengan tangan kosong maupun tali. Setelah sapi terikat, atlet harus melilitkan tali dengan kuat dan cepat agar sapi tidak lepas.

Olahraga ini butuh banyak keterampilan, baik dalam mengendalikan kuda, mengarahkan tali, hingga membuat simpul. Olahraga ini juga berpotensi menyebabkan cidera bagi penunggang jika tidak hati-hati bisa terjatuh.

  1. Endurance

Olahraga jenis ini mengharuskan atlet untuk menyelesaikan perjalanan dengan jarak yang jauh dengan kecepatan sedang atau cepat. Jarak yang harus ditempuh biasanya 50 mil, atau lebih panjang lagi dengan waktu tempuh paling sebentar dalam hitungan jam hingga hari. Selama pertandingan, kesehatan kuda akan dipantau ileh dokter hewan. Selian itu kuda juga diberikan waktu istirahat dan perawatan.

  1. TREC

Technique de Randonnée Equestre de Compétition atau (TREC) adalah olahraga berupa pemberian misi kepada penunggangnya di alam terbuka. Dalam TREC ada tiga hal yang utama yang akan dilakukan yakni orienteering, berupa kemampuan penunggang untuk melewati rute dengan peta dan kompas, melewati rintangan yang bisa berupa sungai hingga hutan, dan kesehatan kuda dimana penunggang harus memastikan kuda dalam kondisi yang prima selama menjalankan misi.

Itulah informasi terkait jenis olahraga berkuda. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.