Bagikan:

YOGYAKARTA - Voli pantai ialah ragam dari bola voli, yang dimainkan di atas pasir. 2 tim yang dipisahkan oleh jaring memukul bola voli memakai lengan ataupun tangan. Para pemain berupaya buat memukul bola melawati atas jaring supaya merambah lantai di wilayah lawan, dan wajib menghindari bola jatuh di wilayah mereka sendiri. Lantas, seperti apa sih peraturan voli pantai itu?

Game bola voli tepi laut dimainkan oleh 2 regu yang tiap- tiap regu terdiri dari 2 orang pemain serta tanpa terdapat pemain cadangan.

Peraturan Voli Pantai

Berikut ini sebagian peraturan yang berlaku buat game bola voli pantai:

  • Bila seseorang pemain bola voli pantai melaksanakan block, sebaliknya block tersebut membentur net sampai terpental serta terjalin kontak dengan blocker tersebut ataupun dengan pemain pendampingnya, maka kontak tersebut bakal dihitung selaku satu pukulan.
  • Dalam game bola voli pantai, menyeberang ke zona lawan lewat bawah net tidak dikira selaku suatu pelanggaran, sepanjang perihal tersebut tidak mengusik gerakan tim lawan.
  • Dalam game bola voli tepi laut diketahui sebutan Open- hand dinks, ialah memusatkan ataupun mengoper bola ke arah zona lawan cuma dengan memakai ujung jari- jari. Dalam game bola voli dalam ruangan, metode ini diperbolehkan. Tetapi, metode ini merupakan salah satu pelanggaran bila seorang mempraktekkannya dalam game bola voli pantai.
  • Servis pada game bola voli tepi laut dalam satu tim dicoba secara bergantian antara pemain yang satu dengan pemain yang lain. Tetapi, dalam game ini tidak dibutuhkan putaran pemain.
  • Dalam game bola voli pantai para pemain bebas terletak di posisi mereka sendiri, tidak terdapat posisi yang didetetapkan di dalam lapangan. Tidak terdapat kesalahan posisi.
  • Dalam Game voli pantai tidak terdapat pergantian pemain, sebab tidak ada pemain cadangan.
  • Tidak hanya tidak ada seseorang libero, dalam game bola voli pantai pula tidak diberlakukan sistem pergantian pemain semacam dalam game bola voli dalam ruangan.
  • Umumnya, sebagian besar pemain bola voli pantai bakal bermain tanpa memakai sepatu( barefoot). Perihal ini bisa dilakukan menurut kemauan pemain itu sendiri ataupun bersumber pada peraturan yang sudah diresmikan.
  • Game bola voli pantai dimainkan dalam 3 set. Regu pemenang merupakan tim yang awal kali menang dalam 2 set. Pertandingan pada tiap set bakal berlangsung sampai 21 poin, pada 2 set awal. Serta pada 2 set awal ini ada 2 poin selaku poin bonus. Sebaliknya pada set yang ketiga, game cuma bakal berlangsung sampai 15 poin, dengan 2 poin bonus.
  • Sebelumnya baju buat bola voli pantai spesialnya untuk wanita cuma terdapat 2 opsi. Yang awal merupakan two piece bikini, serta opsi yang kedua merupakan pakian tertutup yang ketat( full body suit) yang umumnya dipakai dikala musim dingin. Tetapi, saat ini atlet bola voli pantai wanita boleh mengenakan celana pendek serta atasan berlengan.
  • Dalam bola voli pantai memakai kode tangan yang terbuat dibelakang punggung oleh seseorang pemain buat memberi tahu rekan regu nya metode game yang bakal dimainkan. Tujuan kode ini terbuat dibelakang punggung ialah buat menjauhi supaya lawan tidak melihat kode yang di informasikan.

Jadi setelah mengetahui peraturan voli pantai, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!