Mengenal Apa Itu Pit dalam MotoGP serta Fungsinya bagi Pembalap
MotoGP (Foto: Twitter/@HRC_MotoGP)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dalam balap MotoGP terdapat terdapat area-area yang tidak boleh dimasuki atau dilintasi oleh sembarang orang. Salah satunya adalah area Pit, yang mana ada Pit lane, Pit Box. Selain itu, ada juga istilah Pit board. Lantas apa itu Pit dalam balap MotoGP dan kegunaannya?

Dalam sirkuit MotoGP terdapat banyak area atau titik tempat dengan fungsi atau kegunaannya masing-masing. Setiap pembalap, official team, hingga penyelenggara sudah pasti memahami kegunaan tiap tempat di sirkuit. Begitu pula dengan apa itu Pit dan fungsinya. 

Apa Itu Pit dalam MotoGP

Dalam penyelenggaraan ajang balap MotoGP terdapat beberapa istilah Pit, yakni ada Pit Box, Pit Lane, Pit Board. Setiap Pit berperan penting bagi kebutuhan pembalap MotoGp dan masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda. 

Pit Box

Sebelum mengenali Pit Box, sebaiknya Anda tahu dulu apa itu paddock. Paddock merupakan area khusus yang menjadi tempat parkir truk pengangkut motor balap, mobil supporting area, hingga semua kebutuhan tim balap. Di dalam paddock terdapat ruangan kotak atau Pit Box yang menjadi garasi sementara dan akses menuju Pit Lane.

Pit Box hanya berisi motor balap, pembalapnya, mekanik, dan sejumlah part kebutuhan motor balap. Untuk spare part lengkap atau dalam jumlah besar biasanya ditaruh di Pit Area yang berada di belakang Pit Box.

Pit Box menjadi area paling privasi bagi sebuah tim balap, sehingga tidak boleh diakses oleh sembarang orang. Sebab di dalam Pit Box ini seperti tempat menyimpan rahasia masing-masing tim balap dalam menyiapkan senjata tempurnya untuk memenangkan balapan. Biasanya Pit Box akan ditutup ketika di dalamnya sedang ada perakitan atau modifikasi part motor dan menyusun strategi balapan. 

Pit Lane

Pit Lane adalah area yang berada tepat di depan Pit Box. Area ini menjadi jalur keluar dan masuk pembalap dari Pit Box ke trek balapan. Biasanya area ini akan sangat sibuk ketika balapan sebentar lagi dimulai. Area ini biasanya diisi oleh Pit Crew yang menyiapkan motor balap, hingga para jurnalis media yang meliput jalannya balapan.

Ketika menuju trek balapan, para pembalap tidak boleh melewati Pit Lane dengan ngebut atau kencang. Laju kecepatan di Pit Lane dibatasi maksimal 60 km/jam. Aturan tersebut diberi istilah Pit Limiter. Apabila ada pembalap yang melanggar maka akan mendapatkan hukuman long lap penalty, yang mana pembalap harus menempuh jarak terjauh di lintasan. 

Pit Board

Pit Board adalah papan Pit yang digunakan untuk memberikan informasi kepada pembalap yang sedang berkompetisi di sirkuit. Biasanya di pinggir luar lintasan dalam ajang MotoGP akan ada seorang kru tim yang mengangkat Pit Board. Papan panel ini dibentangkan ketika pembalap akan melintasi tempat dia berdiri.

Pit Board berfungsi untuk memberikan informasi kepada pembalap mengenai jalannya balapan, seperti posisi pembalap, perintah untuk masuk ke garasi, sisa putaran, pergantian strategi, jarak pembalap terdekat, dan sebagainya. 

Pit Board tidak hanya digunakan di lintasan saat balapan berlangsung, namun juga dipakai saat sesi latihan. Informasi dalam Pit Board saat latihan atau kualifikasi biasanya berisi catatan waktu terbaik, sisa waktu latihan, posisi pembalap, dan sebagainya. Selain itu, Pit Board juga digunakan untuk menyampaikan pemberitahuan apabila pembalap mendapatkan penalti dan menunjukkan pesan khusus yang bukan hal teknis. 

Demikianlah ulasan apa itu Pit dalam balap MotoGP. Selain beberapa istilah di atas, terdapat juga Pit Crew yaitu orang-orang yang berhubungan dengan tim dan pembalap dalam MotoGP, seperti mekanik hingga manajer tim. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.