2 Kunci Penting Fajar/Rian Kalahkan Wakil Malaysia ke Semifinal Korea Open 2023
Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto: Twitter/@INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Ganda campuran Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil melangkah ke babak semifinal Korea Open 2023. Kepastian itu didapat setelah mereka mengamankan kemenangan atas Goh Sze Fei/Nur Izzuddin.

Tampil di Jinnam Stadium pada Jumat, 21 Juni sore WIB, Fajar/Rian menang mudah atas wakil Malaysia. Mereka hanya perlu waktu 38 menit untuk memastikan poin 21-9 dan 23-21. 

Tampil baik di babak pertama, Fajar/Rian justru mendapat perlawanan di babak kedua. Ketika itu wakil Malaysia sempat unggul 17-14, tapi beruntung Fajar/Rian bisa mengejar dan menyamakan kedudukan di poin 18-18.

Semakin dekat dengan angka penentu, skor malah masuk match point. Beruntung momen itu jadi milik Fajar/Rian dengan skor 20-19 dan berlanjut manis untuk memastikan kemenangan 23-21.

Hasil apik yang diraih Fajar/Rian ini bukan suatu kebetulan. Usai laga keduanya mengatakan bahwa kunci utama menumbangkan wakil Malaysia ini ada pada catatan pertemuan keduanya.

Fajar/Rian memang sempat beberapa kali jumpa Goh Sze Fei/Nur Izzuddin di turnamen berbeda. Hal ini kemudian dijadikan momen bagi wakil Indonesia untuk membaca pola permainan lawan.

“Kami sudah sering bertemu mereka jadi kurang lebih sudah tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi di gim pertama kami langsung siap dengan pola yang kami mau,” kata Rian dalam keterangan resmi.

Meski tampil di nomor ganda putra tapi Goh/Izzuddin sempat berpisah di bulan Januari lalu tapi kemudian kembali dipasangkan. US Open 2023 pekan lalu menjadi momen comeback yang manis karena mereka berhasil melaju hingga final.

Kembali bergabungnya Goh/Izzudin rupanya juga menjadi sesuatu yang sangat diwaspadai Fajar/Rian di laga ini.

"Mereka baru kembali dan bisa juara minggu lalu di Amerika, lalu di sini sampai ke babak delapan besar merupakan hasil yang luar biasa," kata Fajar.

"Kami waspadai semangat mereka yang sedang membara. Bukan hanya di turnamen ini saja tapi juga di turnamen-turnamen berikutnya," lanjutnya.

Berhasil mengalahkan wakil Malaysia yang baru saja comeback untuk mengamankan tempat di babak semifinal, nyatanya Fajar/Rian masih belum puas dengan penampilan sendiri dan berharap bisa lebih baik lagi di laga besok.

“Permainan kami belum maksimal. Masih banyak melakukan kesalahan sendiri dan banyak pukulan belum pas sentuhannya. Semoga besok lebih baik lagi,” tutup Fajar.