Bagikan:

JAKARTA - Korea Open 2023 bakal digelar pada 18-23 Juli 2023. Menjelang turnamen Super 500 ini posisi ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti justru mengalami penurunan di daftar ranking BWF.

Dikutip dari laman resminya, BWF akan merilis pembaruan peringkat dunia pada Selasa, 18 Juli besok. Menjelang pembaruan itu, posisi Apriyani/Fadia diprediksi mengalami penurunan.

Ganda putri Indonesia yang sebelumnya menempati posisi ranking ke-10 dunia justru diprediksi merosot ke posisi 12. Hal ini membuat Indonesia tak memiliki wakil di jajaran 10 besar dunia.

Hal itu terjadi karena performa keduanya yang kurang memuaskan dalam beberapa turnamen belakangan. Selain itu, absennya Apriyani/Fadia di Korea Open 2023 juga jadi faktor yang membuat poin mereka berkurang.

Penurunan poin juga tidak bisa dilepaskan dari terhapusnya poin yang didapat Apriyani/Fadia ketika menjuarai Singapore Open 2022. Hal tersebut tentu menjadi catatan tersendiri bagi Apriyani/Fadia mengingat mereka adalah pilar utama di ganda putri.

Dari sembilan turnamen yang telah diikuti, Apriyani/Fadia masih mengalami inkonsistensi permainan. Berbeda dengan tahun lalu dimana Apriyani/Fadia mampu menorehkan tiga final dengan dua gelar juara, nyatanya tahun ini mereka justru kesulitan.

Pola permainan yang semakin mudah dibaca lawan membuat Apriyani/Fadia tidak jarang tersisih di babak awal turnamen yang diikuti. Torehan terbaik sejauh ini yang dibukukan Apriyani/Fadia adalah melaju ke babak empat besar Malaysia Open 2023 dan Swiss Open 2023.

Sementara itu, untuk ajang Korea Open 2023, Indonesia memang tak menurunkan wakil di sektor ganda putri. Skuad Garuda hanya mengirim sembilan wakil yang akan tampil di nomor, tunggal putra, putri, ganda putra dan ganda campuran.

Berikut adalah daftar wakil Indonesia di ajang Korea Open 2023:

Tunggal Putra: Chico Aura Dwi Wardoyo

Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani

Ganda Putra: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana

Ganda Putri: Tidak mengirim wakil

Ganda Campuran: Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.