Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebanyak 24 tim negara telah mengantongi tiket Piala Dunia U-17. Di sisi lain, Indonesia menjadi tuan rumah bagi pertandingan Piala Dunia yang akan digelar pada bulan tahun 2023.

Jika tak ada halangan, Indonesia sebagai tuan rumah U-17 dipastikan ikut berlaga dalam kompetisi bergengsi tersebut. Lalu, negara mana saja yang siap mengikuti kejuaraan dunia kali ini?

Tim yang Lolos Piala Dunia U-17

Ada 24 negara yang akan mengirimkan tim nasional sepak bolanya. Dari jumlah keseluruhan tim, akan dibagi menjadi enam grup dengan jumlah per grup diisi dengan empat kesebelasan. Pengundian fase grup sendiri akan digelar bulan Agustus 2023 di Jakarta. Ke-24 negara yang lolos Piala Dunia U-24 adalah sebagai berikut.

  1. Indonesia (tuan rumah)
  2. Inggris
  3. Prancis
  4. Jerman
  5. Polandia
  6. Spanyol
  7. Argentina
  8. Brasil
  9. Ekuador
  10. Venezuela
  11. Burkina Faso
  12. Mali
  13. Maroko
  14. Senegal
  15. Kanada
  16. Meksiko
  17. Panama
  18. Amerika Serikat
  19. Kaledonia Baru
  20. Selandia Baru
  21. Iran
  22. Korea Selatan
  23. Jepang
  24. Uzbekistan

Bentroknya Jadwal Piala Dunia U-17 dan Konser Coldplay

Seperti diketahui, Federasi Sepak Bola Internasional FIFA telah resmi menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah bagi kompetisi Piala Dunia U-17, Jumat, 23 Juni malam WIB. Penunjukkan sendiri dilakukan melalui pertemuan FIFA Council. Indonesia sendiri dipilih untuk menggantikan Peru yang didepak pada bulan April lalu.

Jadwal Piala Dunia U-17 2023 sendiri akan mulai digelar pada tanggal 10 November sampai dengan 2 Desember 2023 dengan diikuti sebanyak 24 tim dari berbagai negara.

Pertandingan sepak bola sendiri kemungkinan besar akan digelar di berbagai stadion di Indonesia. Namun, belum bisa dipastikan stadion mana yang akan dipakai.

Menurut Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Zainudin Amali, pemilihan stadion untuk ajang Piala Dunia U-17 2023 akan diumumkan oleh FIFA. Ia juga mengatakan bahwa untuk sementara, FIFA baru sebatas mengumumkan penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17.

Perhelatan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia juga dikabarkan mengalami bentok jadwal dengan konser Coldplay. Diketahui konser musik tersebut akan digelar di Jakarta, yakni di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 15 November nanti. Tanggal tersebut juga sudah diumumkan oleh pihak penyelenggara konser sejak bulan 11 Mei 2023 lalu. Di sisi lain, Piala Dunia U-17 2023 akan digelar mulai 10 November sampai dengan 2 Desember yang artinya terdapat benturan jadwal.

Terkait bentokan jadwal tersebut, Ketua Umum PSSI sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir mengaku belum mengambil keputusan. Ia juga mengatakan bahwa jadwal konser Coldplay bukan ranah lembaga yang dipimpinnnya yakni PSSI. Namun ia mengaku akan melakukan musyawarah untuk mencari jalan keluarnya.

Terkait hal tersebut, Presiden Joko Widodo juga menyatakan bahwa lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 bisa dilaksanakan di stadion lain.

"Nanti kan dicarikan solusi. Stadion kita kan juga bukan hanya GBK. Yang lain kan ada, ada JIS kan ada. Ada di Manahan ada. Ada di Jalakharupat ada. Banyak. Ada di Surabaya, Stadion Bung Tomo ada juga. Wong stadion kita nih banyak kok yang sudah siap," jelas Jokowi pada Senin, 26 Juni

Itulah informasi terkait tim yang lolos Piala Dunia U-17. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.